KONTRAK PERDAGANGAN MELALUI INTERNET (E-COMMERCE) DITINJAU DARI HUKUM PERJANJIAN

YOGA TRI ATMA, NIM : 502016284 (2020) KONTRAK PERDAGANGAN MELALUI INTERNET (E-COMMERCE) DITINJAU DARI HUKUM PERJANJIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502016284_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502016284_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)

Abstract

ABSTRAK KONTRAK PERDAGANGAN MELALUI INTERNET (E-COMMERCE) DITINJAU DARI HUKUM PERJANJIAN OLEH YOGA TRI ATMA Perjanjian e-commerce yang dilakukan oleh para pihaknya bukan seperti layaknya perjanjian pada umumnya, tetapi perjanjian tersebut dapat dilakukan meskipun tanpa adanya pertemuan langsung antar kedua pihak, namun perjanjian antar pihak tersebut dilakukan secara elektronik. Untuk mengetahui dan menjelaskan kontrak perdagangan melalui internet (e-commerce) ditinjau dari hukum perjanjian, dan juga untuk mengetahui dan memahami faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan perdagangan melalui internet (e-commerce). Berdasarkan hasil penelitian dipahami kontrak dalam perdagangan melalui internet (e-commerce) belum diatur dalam Buku III KUH Perdata, pengaturan terhadap kontrak dalam e-commerce mengikuti dan berlaku bagi para pihaknya ketika kontrak tersebut disepakati oleh kedua belah pihak, hal ini terjadi dikarenakan adanya sifat terbuka dari Buku III KUH Perdata. Meskipun ada salah satu syarat sahnya perjanjian yang tidak terpenuhi yaitu mengenai syarat kecakapan para pihak perjanjian atau kontrak yang dibuat oleh merchant dan customer tetap berlaku dan mengikat serta menjadi undang-undang bagi merchant dan customer karena syarat kecakapan termasuk dalam syarat subjektif di mana suatu syarat meskipun tidak terpenuhi dalam perjanjian tidak menyebabkan perjanjian atau kontrak menjadi tidak sah, namun perjanjian atau kontrak tersebut dapat dimintakan pembatalan. Faktor pendukung dan penghambat perdagangan melalui internet (e-commerce), dengan adanya faktor pendukung dan penghambat yang ada dalam e-commerce dari proses perdagangan biasa. Meskipun terdapat suatu kemudahan-kemudahan yang diberikan e-commerce ternyata terdapat suatu faktor yang menghambat atas pelaksanaan e-commerce yang ternyata memberikan permasalahan terhadap pelaksanaan e-commerce itu sendiri. Faktor penghambat tersebut mengenai masalah keaslian data, keabsahan (validity), kerahasiaan (confidentiality/privacy), keberadaan barang (availiability), pembuktian kecakapan para pihak serta masalah yurisdiksi. Kata kunci: Kontrak perdagangan melalui internet, ditinjau dan hukum perjanjian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Nur Husni Emilson, SH., Sp.N., MH Pembimbing 2 : H. Zulfikri Nawawi, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Kontrak perdagangan melalui internet, ditinjau dan hukum perjanjian.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 30 Sep 2020 07:19
Last Modified: 30 Sep 2020 07:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12881

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.