PENINGGALAN SEJARAH TERHADAP AKIDAH DAN KEYAKINAN MASYARAKAT DESA MULYAGUNA, KECAMATAN TELUK GELAM, KABUPATEN OGAN KOMERI NG ILIR

Sholihin, NIM. 612016042 (2020) PENINGGALAN SEJARAH TERHADAP AKIDAH DAN KEYAKINAN MASYARAKAT DESA MULYAGUNA, KECAMATAN TELUK GELAM, KABUPATEN OGAN KOMERI NG ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016042_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016042_BAB II_BAB TERAKHIR..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nama : Sholihin, nim : 612016042, judul : Peninggalan Sejarah Terhadap Akidah dan Keyakinan Di Desa Mulyaguna Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Adapun masalah pada skripsi ini ialah apa saja bentuk peninggalan sejarah di desa tersebut, kemudian bagaimana bentuk penyimpangan akidah dan keyakinan di desa mulyaguna tersebut, dan bagaimana solusinya didalam mengatasi penyimpangan akidah di desa tersebut, Jenis data penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang di gunanakan ialah observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan peneliti juga menggunakan sumber dari Al-Qur’an, hadits-hadits dan buku-buku Islam lainnya sebagai data-data penunjang yang ada relevansinya dengan masalah yang akan dibahas. Jadi, penyimpangan akidah adalah sesuatu hal yang harus kita jauhi karena pelakunya akan mendapatkan dosa besar dan pelakunya akan di ancam masuk kedalam neraka jahanam, karena masalah tauhid adalah masalah prinsip seorang muslim di dalam beragama, oleh karena itu maka wajib bagi kita untuk menuntut ilmu syar’i agar kita tahu dan faham akan hakikat agama Islam yang sebenarnya Pertama. Sebagian kecil masyarakat di desa tersebut masih di temukan orang yang percaya kepada jimat, dan lain-lain sebagai tandingan Allah subhanahu wata’ala Kedua. Faktor utama penyebab penyimpangan akidah yang lurus ialah kurang nya pengetahuan syar’i, dan memang ada sebagian masyarakat bersifat tidak mau tau akan hal ini. Ketiga. Adapun solusi daripada penyimpangan akidah ini ialah : pertama, penanaman akidah sejak dini dan ini tentu berasal dari lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat setempat. Kedua, majelis ta’alim yang mungkin di adakan satu kali satu pekan, dan insyaAllah dengan adanya pencegahan ini kita akan menjadi hamba bener-bener berada di atas jalan yang lurus. Kata Kunci: Dampak Peninggalan Sejarah Terhadap Akidah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Idmar Wijaya, S.Ag. M.Hum 2. Dr. Ani Aryati, S.Ag, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Dampak Peninggalan Sejarah Terhadap Akidah
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Masyarakat dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 29 Sep 2020 06:45
Last Modified: 29 Sep 2020 06:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12818

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.