PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN ATAS TIDAK SESUAINYA AIR YANG DI DAPAT DI PDAM TIRTA MUSI KOTA PALEMBANG

ABDUL JALIL, NIM. 502016316 (2020) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN ATAS TIDAK SESUAINYA AIR YANG DI DAPAT DI PDAM TIRTA MUSI KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502016316_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502016316_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN ATAS TIDAK SESUAINYA AIR YANG DI DAPAT DI PDAM TIRTA MUSI KOTA PALEMBANG ABDUL JALIL Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palembang merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyedia layanan air bersih bagi masyarakat Kota Palembang. PDAM sebagai perusahaan daerah diberi tanggung jawab untuk mengembangkan dan mengelola sistem penyediaan air bersih serta melayani semua kelompok konsumen dengan harga yang terjangkau. Kualitas pelayanan yang diberikan produsen kepada konsumen menentukan loyalitas konsumen maupun kepuasan konsumen terhadap perusahaan. Kualitas pelayanan menjadi suatu yang wajib dilakukan perusahaan agar mampu bertahan dan tetap mendapat kepercayaan konsumen. Dalam menjawab permasalahan tersebut, Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (field research), dengan mencari data secara langsung ke daerah yang menjadi objek penelitian agar dapat diketahui secara jelas tentang Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Yang Dirugikan Atas Tidak Sesuainya Air Yang Di Dapat Di Pdam Tirta Musi Kota Palembang. Tipe penelitian ini adalah bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan bentuk pertanggungjawaban hukum perusahaan daerah air Musi Tirta Musi Palembang. Jenis data yang digunakan adalah primer, sekunder dan tersier. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1.)Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Yang Dirugikan atas tidak Sesuainya Air Untuk melindungi konsumen, PDAM Tirta Musi Kota Palembang selalu berusaha untuk segera mengatasi segala jenis keluhan yang disampaikan pelangan dengan cara segera datang langsung ke lokasi untuk melihat keadaannya serta menganalisa permasalahan yang ada, setelah itu petugas lapangan akan segera memperbaiki kerusakannya. Permasalahan yang biasa dikeluhkan oleh pelanggan antara lain : air tidak mengalir, aliran air kecil, pipa bocor, air berbau dan rekenimg pemakaian air melonjak, 2.)Upaya Hukum yang dapat dilakukan terhadap konsumen yang dirugikan atas tidak sesuainya air yang didapat di Perusahan Daerah Air Minum PDAM Tirta Musi Kota Palembang,Menambah debit air dengan menambah sumber air baku,Mengurangi atau menekan tingkat kehilangan air yang didistribusikan, meningkatkan rutinitas pelaksanaan pengawasan terhadap kebocoran teknis maupun non teknis. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen, Air

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Hendri S, SH., M.Hum Pembimbing 2 : Yudistira Rusydi, SH., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen, Air
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:10
Last Modified: 30 Sep 2020 04:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12565

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.