STRATEGI DAKWAH ULAMA PADA MASYARAKAT DESA BERLIAN MAKMUR KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

LIA SARI, NIM. 612016019 (2020) STRATEGI DAKWAH ULAMA PADA MASYARAKAT DESA BERLIAN MAKMUR KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Tugas Akhir thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
612016019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf..pdf

Download (877kB) | Preview
[img] Text
612016019_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lia Sari 612016019, Skripsi ini berjudul strategi dakwah ulama pada masyarakat desa Berlian Makmur Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin, Islam adalah agama Dakwah, artinya adalah agama yang mendorong pemeluknya untuk melakukan kebaikan dan mencegah kemungkaran, bahkan maju mundurnya umat Islam sangat bergantung erat kaitanya dengan dakwah. Persoalan yang kita hadapi sekarang adalah tantangan dakwah yang semakin berat dan penerapan metode dakwah yang belum tepat baik yang bersifat internal maupun eksternal, tantangan ini muncul di dalam berbagai bentuk kegiatan masyarakat, penelitian ini hendak melihat bagaimana pelaksanaan dakwah yang ada di desa Berlian Makmur, kemudian permasalahan dakwah apa saja yang muncul serta upaya apa yang di lakukan oleh para ulama dalam menyelesaikan masalah. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi, yang artinya penulis mengobservasi lokasi dakwah, mewawancarai para ulama dan mendokumentasikanya. Teknik pengumpulan data di lakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi dakwah yang di lakukan oleh para ulama berbeda-beda dalam menyampaikan dakwah ada yang menggunakan metode dakwah bil hal yaitu berdakwah menggunakan prilaku atau perbuatan, dan ada juga yang menggunakan metode dakwah mauidzoh khasanah atau perkataan yang baik, lembut dan santun dalam ceramah atau mengajak para mad’u. Selain itu para ulama menggunakan metode pendekatan secara langsung kepada masyarakat agar masyarakat lebih mudah dalam menerima pesan dakwah. Disisi lain para ulama juga memperbaiki sistem pendidikan dan pengajaran kepada para anak-anak khususnya pemuda yang nantinya akan menjadi tongkat estafet sebagai seorang da’i pengganti para ulama-ulama nantinya. Kata kunci : Dakwah, Ulama, Deskriptif, Triangulasi, Dakwah Bil-Hal, dan Mauidzoh Khasanah.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir)
Additional Information: Pembimbing : 1. Azwar Hadi, S.Ag, M.Pd.I. 2. Dr. Rulitawati, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Dakwah, Ulama, Deskriptif,Triangulasi, Dakwah Bil-Hal, dan Mauidzhoh Khasanah
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 26 Sep 2020 02:15
Last Modified: 26 Sep 2020 02:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12564

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.