Implementasi Dakwah Melalui Seni Kaligrafi di TPA Al-huda Desa Margorukun Jalur 14 Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin.

Uswatun khasanah, NIM. 612016090 (2020) Implementasi Dakwah Melalui Seni Kaligrafi di TPA Al-huda Desa Margorukun Jalur 14 Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016090_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016090_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Uswatun Khasanah, NIM 612016090 Implementasi Dakwah Melalui Seni Kaligrafi di TPA Al-huda Desa Margorukun Jalur 14 Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin. Skripsi, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang, 2020. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kaligrafi merupakan salah satu pelajaran tambahan yang telah diajarkan di TPA Al-huda Desa Margorukun Jalur 14 Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin. Selain mengajarkan kaidah menulis indah juga melatih anak sejak dini agar dapat menulis huruf-huruf Arab dengan baik dan benar sehingga tidak menimbulkan bacaan, arti dan tafsiran yang salah. Oleh karena Perlunya penerapan, pengembangan seni kaligrafi santri kelas IV TPA Al-huda Desa Margorukun Jalur 14 Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana implementasi pembelajaran kaligrafi di TPA Al-huda, 2) Apa saja yang menjadi faktor penunjang dan penghambat dakwah menggunakan kaligrafi 3) Bagaimana solusi dakwah menggunakan seni kaligrafi. Metodologi penelitian hasil karya ilmiah ini menggunakan data penelitian kualitatif, penelitian kualitatif, yaitu data yang disajikan dalam bentuk kata verbal bukan dalam bentuk angka. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumetasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan langkah- langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan dakwah dengan menggunakan kaligrafi sangatlah memotivasi anak-anak dalam pembelajaran seni kaligrafi dan mengatasi kendala dari kurangnya pengetahuan tentang penulisan kaligrafi secara baik dan benar sesuai kaidah-kaidah. Dan memberikan pengetahuan bahwa dakwa itu bukan saja sedeker berceramah di atas mimbar saja akan tetapi dakwah juga bisa dilakukan dengan cara yang lain seperti membuat, menulis kalimat Allah dengan indah yaitu dengan kaidah penulisan kaligrafi. Kaligrafi merupakan bentuk dakwah bi Al-Qalam (tulisan), karena yang ditampilkan adalah bentuk tulisan arab yang berisi pesan-pesan religi yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis. Kata kunci: Implementasi, Seni kaligrafi, dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.Purmansyah Ariadi,S.Ag.,M.Hum 2. M.Jauhari,SE.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Implementasi,seni kaligrafi,Dakwah
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Komunikasi Penyiaran Islam > Pendekatan dakwah
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 25 Sep 2020 03:28
Last Modified: 25 Sep 2020 03:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12532

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.