PENCITRAAN DAN GAYA BAHASA DALAM NOVEL GEGE MENGEJAR CINTA KARYA ADHITYA MULYA

Repi Sari, NIM. 312016001 (2020) PENCITRAAN DAN GAYA BAHASA DALAM NOVEL GEGE MENGEJAR CINTA KARYA ADHITYA MULYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312016001_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.Pdf..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Pencitraan dan Gaya Bahasa Dalam Novel Gege Mengejar Cinta Karya Adhitya Mulya. Rumusan masalah dalah bagaimanakah pencitraan dan gaya bahasa dalam novel Gege Mengejar Cinta Karya Adhitya Mulya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pencitraan dan gaya bahasa dalam novel Gege Mengejar Cinta Karya Adhitya Mulya. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Gege Mengejar Cinta Karya Adhitya Mulya. Terbit maha publishing: Jakarta, cetakan pertama 2004, 234 halaman. Hasil dari pencitraan dan gaya bahasa di antaranya: 1) pencitraan penglihatan yakni sebanyak 15 kali, 2) pencitraan pendengaran sebanyak 2 kali, dan 3) pencitraan penciuman sebanyak 1 kali. Gaya bahasa yang digunakan sebanyak 9 kali yakni gaya bahasa klimaks, gaya bahasa repetisi sebanyak 17 kali, gaya bahasa eufemisme, gaya bahasa persamaan atau simile, gaya bahasa asindeton dan gaya bahasa hiperbola sebanyak 2 kali, gaya bahasa personifikasi sebanyak 5 kali, gaya bahasa metafora dan gaya bahasa efonim sebanyak 1 kali. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pencitraan dan gaya bahasa yang bermanfaat untuk diketahui yang didasari atas pencitraan penglihatan, pencitraan pendengaran, pencitraan penciuman dan gaya bahasa klimaks, gaya bahasa repetisi, gaya bahasa eufemisme, gaya bahasa persamaan atau simile, gaya bahasa asindeton, gaya bahasa hiperbola, gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa metafora dan gaya bahasa efonim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. H. MUstofa, M.Pd 2. Drs. Danto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pencitraan dan gaya bahasa
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 23 Sep 2020 04:41
Last Modified: 11 Jan 2022 05:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12280

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.