PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN KEPADA ANAK(STUDI PUTUSAN NOMOR : 513/Pid.Sus/2017/PN.Plg)

BOBBY DWI HANDOKO, NIM : 502016200 (2020) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN KEPADA ANAK(STUDI PUTUSAN NOMOR : 513/Pid.Sus/2017/PN.Plg). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502016200_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502016200_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)

Abstract

ABSTRAK PERTANGGUNG JAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN KEPADA ANAK (STUDI PUTUSAN NOMOR : 513/Pid.Sus/2017/PN.Plg) OLEH BOBBY DWI HANDOKO Anak merupakan amanah sekaligus karunia Tuhan yang Maha Esa, bahkan anak dianggap sebagai harta kekayaan yang paling berharga dibandingkan kekayaan harta benda lainnya. Karenanya, anak sebagai amanah Tuhan harus senantiasa dijaga dan dilindungi karena dalam diri anak melekat harkat,martabat dan hak-hak sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi. Dalam kehidupan bermasyarakat yang baik dan benar tidaklah semuanya berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Kadang kala kita menemui adanya oknum-oknum yang melakukan tindak pidana khususnya tindak pidana penganiayaan. Pada kenyataan setiap orang berpeluang untuk melakukan kekerasan terhadap orang lain, baik dalam penganiayaan yang di lakukan untuk melukai fisik seseorang ataupun melakukan kekerasan melukai psikis seseorang seperti hinaan yang di tujukan kepada orang yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pertanggungjawaban Pidana pelaku dalam Putusan 513/Pid.Sus/2017/PN.Plg. Serta mengetahui pertimbangan hakim terhadap Putusan Nomor 513/Pid.Sus/2017/PN.Plg Berdasarkan uraian fakta yang penulis temukan dalam Putusan 513/Pid.Sus/2017/PN.Plg, maka terdakwa bisa diminta pertanggung jawaban dalam unsur kesengajaan (dolus). Pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan sanksi pada Tindak Pidana Penganiayaan kepada Anak terhadap Putusan No. 513/Pid.Sus/2017/PN.Plg. telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dimana putusan yang dijatuhkan berdasarkan alat bukti berupa: keterangan saksi, Visum et repertum, keterangan terdakwa, fakta-fakta yang diperoleh selama persidangan dalam perkara ini. Kata Kunci : Anak, Penganiayaan, Tindak pidana, Pertanggung jawaban, Hakim, Putusan pengadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Reny Okpirianty, SH., M.Hum Pembimbing 2 : Heni Marlina, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Anak, Penganiayaan, Tindak pidana, Pertanggung jawaban, Hakim, Putusan pengadilan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 21 Sep 2020 06:05
Last Modified: 21 Sep 2020 06:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12131

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.