PEMBUKTIAN AKTA WAKAF HAK ATAS TANAH YANG DIBUAT OLEH PEJABAT PEMBUAT AKTA IKRAR WAKAF

MUHAMMAD ROFIQ ALFARIDZI, NIM. 502016319 (2020) PEMBUKTIAN AKTA WAKAF HAK ATAS TANAH YANG DIBUAT OLEH PEJABAT PEMBUAT AKTA IKRAR WAKAF. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502016319_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
502016319_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK PEMBUKTIAN AKTA WAKAF HAK ATAS TANAH YANG DIBUAT OLEH PEJABAT PEMBUAT AKTA IKRAR WAKAF Oleh MUHAMMAD ROFIQ ALFARIDZI Keberadaan Undang Undang Wakaf dalam perspektif ilmu perundangundangan merupakan payung hukum praktik perwakapan. Sasaran berlakunya ketentuan wakaf tersebut tidak semata terbatas bagi kalangan umat Islam Indonesia, melainkan berlaku mengikat terhadap setiap warga negara Indonesia. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana fungsi Akta Wakaf Hak Atas Tanah yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf ?dan Bagaimana kekuatan pembuktian Akta Wakaf Hak Atas Tanah yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf ? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum Normatif yang bersifat deskriptif. Sesuai dengan judul dan beberapa permasalahan yang telah dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa : Fungsi akta wakaf hak atas tanah yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf adalah sebagai akta otentik yang membuktikan adanya peralihan hak atas tanah melalui perbuatan hukum wakaf, dimana pemberi wakaf telah menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan guna keperluan ibadah atau kesejahteraan umum menurut syariah. Dan Kekuatan Pembuktian akta wakaf hak atas tanah yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf yaitu merupakan bukti yang sempurna, dalam arti bahwa ia tidak memerlukan suatu penambahan pembuktian, ia merupakan suatu alat bukti yang mengikat dan sempurna diantara para pihak beserta ahli warisnya atau orang-orang yang mendapat hak dari mereka suatu bukti yang sempurna tentang apa yang dimuat didalamnya. Kata Kunci : Pembuktian, Akta Wakaf, Hak Atas Tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Atika Ismail, S.H., M.H. 2. Mona Wulandari, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pembuktian, Akta Wakaf, Hak Atas Tanah.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 26 Sep 2020 01:43
Last Modified: 13 Nov 2020 02:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12080

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.