Peranan Menonton Program Acara Tahfiz Indonesia Pada Siaran RCTI Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur'an bagi Anak-anak MI Tarbiyatul Ula Palembang

Mely Sopiah, NIM. 612016089 (2020) Peranan Menonton Program Acara Tahfiz Indonesia Pada Siaran RCTI Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur'an bagi Anak-anak MI Tarbiyatul Ula Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016089_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016089_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Mely Sopiah, NIM 612016089, Peranan Menonton Program Acara Tahfiz Indonesia Pada Siaran RCTI Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur'an bagi Anak-anak MI Tarbiyatul Ula Palembang. Skripsi, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang, 2020. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana Peranan Program Acara Tahfiz Indonesia pada siaran RCTI Terhadap Motivasi Menghafal al-Qur’an bagi Anak-anak MI Tarbiyatul Ula Palembang, dan Apakah Menonton Program Acara Tahfiz Indonesia dapat Meningkatkan Motivasi Menghafal al-Qur’an bagi Anak-anak MI Tarbiyatul Ula Palembang. Metodologi penelitian hasil karya ilmiah ini menggunakan data penelitian kualitatif dan kuantitatif, penelitian kualitatif, yaitu data yang disajikan dalam bentuk kata verbal bukan dalam bentuk angka. Yang termasuk data kualitatif dalam penelitian ini yaitu gambaran umum obyek penelitian, meliputi: Sejarah singkat berdirinya, letak geografis obyek, Visi dan Misi, struktur organisasi, keadaan pegawai. Data kuantitatif adalah jenis data yang dapat diukur atau dihitung secara langsung, yang berupa informasi atau penjelasan yang dinyatakan dengan bilangan atau berbentuk angka. Dalam hal ini data kuantitatif yang diperlukan adalah: Jumlah Pegawai, jumlah sarana dan prasarana, dan hasil angket. Hampir semua orang-orang Muslim menginginkan menjadi penghafal Al-Quran baik untuk dirinya sendiri maupun anak dan keluarga. Oleh karena itu penulis termotivasi untuk mengetahui peranan menonton program acara Tahfiz Indonesia pada siaran RCTI terhadap motivasi menghafal Al-Qur'an bagi anak-anak MI Tarbiyatul Ula Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa serta menggambarkan peranan program acara Tahfiz Indonesia pada siaran RCTI terhadap motivasi menghafal Al-Quran di MI Tarbiyatul Ula Palembang serta kendala dan motivasi anak menjadi penghafal Al-Quran. Dari hasil penelitan ini dapat disimpulkan bahwa peranan menonton program acara tahfiz indonesia terhadap motivasi menghafal Al-Qur'an bagi anak-anak MI Tarbiyatul Ula Palembang, sangat berperan penting untuk mengatasi kendala-kendala anak-anak MI Tarbiyatul Ula Palembang yang masih lemah dalam menghafal dan memmbaca Al-Qur'an dan memotivasi anak-anak untuk selalu membaca dan menghafal Al-Qur'an, hal ini dilihat dari hasil wawancara dan angket kepada anak-anak kelas 6A dan 6B MI Tarbiyatul Ula Palembang. Kata Kunci: Motivasi Menghafal Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Titin Yenni, S. Ag, M, Hum 2.Dr.Drs. Hoirul Amri, M.E.Sy
Uncontrolled Keywords: Motivasi Menghafal Al-Qur'an
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 19 Sep 2020 01:14
Last Modified: 19 Sep 2020 01:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12051

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.