STRATEGI DAKWAH MUHAMMADIYAH PADA MASYARAKAT DESA NGESTIBOGAII KECAMATAN JAYALOKA KABUPATEN MUSI RAWAS

FERI ADE IRAWAN, NIM 612016002 (2020) STRATEGI DAKWAH MUHAMMADIYAH PADA MASYARAKAT DESA NGESTIBOGAII KECAMATAN JAYALOKA KABUPATEN MUSI RAWAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
612016002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016002_BAB II_BAB TERAKHIR .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Dakwah Muhammadiyah Pada Masyarakat Desa Ngestiboga II Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musi Rawas”. Strategi adalah suatu cara untuk menggapai kesuksesan atau keberhasilan tanpa adanya suatu strategi memang dapat menggapai keberhasilan akan tetapi upaya itu jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan orang yang menggunakan strtaegi dalam menggapai keberhasilanya. Dakwah adalah menyeruh, memanggil atau mengajak yaitu mengajak kepada kebaikan dan mencegah kepada keburukan sedangkan strategi dakwah adalah sebuah cara untuk mengajak kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran. Dalam berdakwah dimasyrakat majemuk atau masyarakat yang berbeda madzhab apalagi berbeda keyakinan dengan kita tidak dapat dilakukan sebuah dakwah dengan cara mentah-mentah karena masyrakat tidak sefaham dengan kita maka perlu diadakanya sebuah strategi atau pendekatan baik terehadap masyarakat yang beda faham atau masyarakat yang berbeda ormas. Salah saru strategi dakwah terhadap masyarakat yang berbeda faham terhadap apa yang kita sampaikan adalah dengan cara kita mengikuti apapun aktifitas mereka terlebih dahulu serta membuat mereka nyaman terhadap kita sebelum kita menyampaikan bahwa apa yang mereka lakukan selama ini adalah menyimpang. Jika seseorang atau sekelompok orang dapat menerima kita dengan baik dan mereka nyaman dengan prilaku kita terhadap mereka maka apaun yang kita lakukan mereka akan menerima dan apapun yang kita ajak pasti akan mereka turuti karena kita telah menyatu terhadap mereka. Berdakwah atau mengajak seseorang atau suatu kelompok bukan berarti kita harus mereka mengikuti kita atau dakwah kita harus diterima namun, yang terpenting adalah kita harus tetap menyeruh,mengajak serta memanggil dalam hal kebaikan sebagai mana nabi nuh berdakwah selama 950 tahun namun sangat sedikit sekali yang menerima dan mengikutinya akan tetapi beliau tetap berdakwah dan senantiasa meminta agar ummatnya diberikan hidayah akan tetapi tetaplah saja sangat sedikit sekali yang menerima serta mengikutinya. Pendekatan serta pengajaran lebih efisien dilakukan dengan melakukan pendekatan-pendekatan terhadap pemuda serta anak-anak yang lebih mudah dibentuk karakternya serta lebih mudah menerima suatu kebenaran. Yang mana salah satu diantara pendekatan tersebut adalah dengan olahraga prestasi yang bermisi dakwah yang disebut dengan organisasi otonom (Ortom) Muhammadiyah yaitu Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah yang merupakan suatu olahraga yang banyak digemari dari anak-anak, pemuda, hingga dewasa yang didalamnya terdapat nilai-nilai dakwah amar ma’ruf nahi munkar sebagai mana misi dakwah Muhammadiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Helyadi, S.H., M.H. Pembimbing 2.M.Jauhari, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Strategi,Dakwah,Muhammadiyah,Masyarakat Desa
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Pendekatan dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 Sep 2020 01:58
Last Modified: 25 Sep 2020 02:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11975

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.