HUBUNGAN TINGKAT DEPRESI, CEMAS, DAN STRES DENGAN INTENSITAS BERMAIN VIDEO GAME SEBAGAI STRATEGI COPING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

RIVALDY PRATAMA, NIM. 702016079 (2020) HUBUNGAN TINGKAT DEPRESI, CEMAS, DAN STRES DENGAN INTENSITAS BERMAIN VIDEO GAME SEBAGAI STRATEGI COPING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702016079_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
702016079_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Depresi, cemas, dan stres dapat terjadi kepada seseorang ketika mendapatkan tuntutan atau keadaan yang melebihi kemampuannya. Hal tersebut terjadi karena masa tersebut dikenal dengan masa “stress and strain”. Karena itu, dibutuhkan strategi coping untuk mengalihkan atau mengurangi tingkat depresi, cemas, maupun stres seseorang. Coping merupakan usaha yang dilakukan seseorang untuk mengatasi dan meredakan tuntutan dalam hidup yang dianggap dapat memicu stres. Penelitian menunjukkan bahwa remaja lebih mempunyai kecenderungan bermain video game sebagai strategi coping untuk mengatasi stres mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat depresi, cemas, dan stres dengan intensitas bermain video game sebagai strategi coping pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universtias Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang angkatan 2016, 2017 dan 2018. Penelitian ini dilaksanakan bulan Oktober – November 2019. Sampel yang didapatkan sebanyak 167 mahasiswa, sampel didapatkan dengan cara Purposive Sampling yang mengutamakan kriteria inklusi dan ekslusi. Analisis data menggunakan komputerisasi dengan Uji Spearman. Hasil penelitian didapatkan dengan cara pembagian kuesioner dan dilakukan tes Depression, Anxiety, Stress Scale (DASS) kepada sampel penelitian. Hasil yang didapatkan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat depresi, cemas, dan stres dengan intensitas bermain video game sebagai strategi coping dengan hasil (p=0,000) dan memiliki kekuatan hubungan yang cukup untuk tingkat depresi (0,343) dan tingkat stres (0,327) dan hubungan yang kuat untuk tingkat cemas (0,549).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Meidian Sari, Sp.KJ 2. dr. Noor Zaki Abdel Fatah
Uncontrolled Keywords: Depresi, Cemas, Stres, Video Game, Coping, DASS, Mahasiswa, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 17 Sep 2020 06:24
Last Modified: 17 Sep 2020 06:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11940

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.