POLA PELAKSANAAN DAKWAH KULTURAL DILINGKUNGAN MASYARAKAT KELURAHAN SETERIO JALAN SEDANG LUBUK KERANJI BANYUASIN III

SYAIFULLAH, NIM. 612016100 (2020) POLA PELAKSANAAN DAKWAH KULTURAL DILINGKUNGAN MASYARAKAT KELURAHAN SETERIO JALAN SEDANG LUBUK KERANJI BANYUASIN III. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
NIM 612016100_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NIM 612016100_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SYAIFULLAH. NIM. 612016100. Skripsi dengan judul: Pola Pelaksanaan Dakwah Kultural di Lingkungan Masyarakat Kelurahan Seterio Jalan Sedang Lubuk Keranji Banyuasin III, Program Studi: Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanan Pola Pelaksanaan Dakwah Kultural di Lingkungan Masyarakat Kelurahan Seterio Jalan Sedang Lubuk Keranji Banyuasin III, faktor yang mempengaruhi pola pelaksanaan dakwah kultural di lingkungan Masyarakat Kelurahan Seterio Jalan Sedang Lubuk Keranji Banyuasin III. Latar belakang dari penelitian ini adalah di mana peneliti ingin mengetahui bentuk-bentuk pola pelaksanaan dakwah kultural serta tujuan dan fungsinya. Hal itu didasari oleh pengamatan yang dilakukan terhadap masyarakat Kelurahan Seterio. Peneliti juga ingin mengetahui bagaimana masyarakat Kelurahan Seterio dalam melestarikan tradisi serta faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam pola pelaksanaan dakwah kultural. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah data kualitatif atau penelitian langsung di lapangan. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi yaitu salah satu teknik pengumpulan data yang tidak hanya mengukur sikap dari responden namun juga digunakan merekam fenomenal yang terjadi, kemudian cara kedua yaitu dengan cara interview atau wawancara yang mana penulis mendapatkan informasi dengan cara bertanya langsung kepada responden. Selanjutnya cara ketiga dengan dokumentasi, adalah metode pengumpulan data diperoleh dengan bersumber pada peninggalan tertulis mengenai kegiatan atau kejadian yang dari segi waktu relatif belum terlalu lama. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa pola pelaksanaan dakwah kultural adalah usaha untuk mengajak dengan cara mengikuti budaya-budaya masyarakat setempat agar orang beriman kepada Allah, percaya dan mentaati apa yang telah diberitakan oleh Rasul untuk menyembah kepada Allah supaya selamat di dunia dan akhirat. Sehingga pola pelaksanaan dakwah kultural yang dilakukan oleh masyarakat dalam menjalankan tradisi nya itu menjadikan masyarakat mampu mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan bermasyarakat sebagai wadah ekspresi keagaman, sebagai alat pengikat kelompok, benteng pertahanan kelompok, dan sebagai penjaga keseimbangan lahir dan batin, Pola pelaksanaan dakwah kultural juga dapat dipengaruhi adanya pemahaman dari suatu organisasi yang bepegang teguh pada Al qur,an dan hadist, sehingga dalam prakteknya harus sesuai dengan tuntunan Rosululllah dan para sahabat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Idmar Wijaya,S.Ag.,M.Hum 2.Rijallush Shalihin.S.E.I.,M.HI
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Dakwah,Kultural
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:51
Last Modified: 17 Sep 2020 04:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11867

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.