DESKRIPSI KEPUASAN PENGGUNA LULUSAN PROFESI GURU BIOLOGI DI KECAMATAN PRABUMULIH BARAT, UTARA DAN CAMBAI

SUCI, NIM. 342016023 (2020) DESKRIPSI KEPUASAN PENGGUNA LULUSAN PROFESI GURU BIOLOGI DI KECAMATAN PRABUMULIH BARAT, UTARA DAN CAMBAI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016023_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
342016023_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)

Abstract

Suci, 2020. Deskripsi Kepuasan Pengguna Lulusan Profesi Guru Biologi di Kecamatan Prabumulih Barat, Utara dan Cambai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Program Sarjana (S1), Falkutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammaadiyah Palembang. Pembimbing: (1). Drs. Nizkon, M.Si. Dan (2). Erie Agusta, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Kepuasan pengguna lulusan profesi Guru Biologi, kompetensi yangdibutuhkan guru biologi, era revolusi industri 4.0. Skripsi ini membahas tentang kepuasan dari pengguna lulusan profesi Guru Biologi di Kecamatan Prabumulih Barat, Utara dan Cambai.Penilaian kinerja Guruadalah salah satu bagian kompetensi yang harus dikuasai oleh kepala sekolah. Pemetaan kompetensi profesi Guru sangat penting untuk dilakukan, karena kompetensi merupakan landasan untuk mengetahui gambaran kualitas dari Guru tersebut dan juga menjadi dasar dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Adapunrumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:Bagaimana hasil kepuasan pengguna lulusan profesi Guru Biologi di Kecamatan Prabumulih Barat, Utara dan Cambai?, dan kompetensi apa saja yang dibutuhkan oleh profesi Guru Biologi untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 di Kecamatan Prabumulih Barat, Utara dan Cambai?. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif yang dijelaskan dengan menggunakan angka. Subjek dari penelitian ini adalah pengguna lulusan profesi Guru atau kepala sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner. Hasil data penelitian berupakepuasanpengguna lulusan profesi Guru Biologidi Kecamatan Prabumulih Barat, Utara dan Cambai, sangat puas (x > 0,59), puas (0,59 > x > -0,21), tidak puas (-0,21 > x >-1,01), sangat tidak puas (-1,01 > x) dan kompetensi yang dibutuhkan oleh profesiGuru Biologi adalah sangat sulit disetujui (x > 1,19), sulit disetujui (1,19 > x > 0,00), mudah disetujui (0,00 > x >-1,19), sangat mudah disetujui (-1,19> x). Terdapat kesimpulan yaitu hasil kepuasan pengguna lulusan profesi Guru biologi di Kecamatan Prabumulih Barat yaitu terdapat 2 sekolah sangat puas, 3 sekolah tidak puas dan 1 sekolah sangat tidak puas, lalu di Kecamatan Prabumulih Utara terdapat 4 sekolah puas dan 2 sekolah tidak puas dan di Kecamatan Cambai terdapat 2 sekolah puas dan 1 sekolah tidak puas dan kompetensi yang dibutuhkan oleh Guru biologi dalam menghadapi era revolusi indutri 4.0 yaitu pada sub aspek literasi data nomor 1 dan 2, lalu pada sub aspek paedagogik nomor 9 dan 13 dan pada sub aspek profesionalisme nomor 27.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Nizkon, M.Si. 2. Erie Agusta, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pengguna lulusan profesi Guru Biologi, kompetensi yangdibutuhkan guru biologi, era revolusi industri 4.0.
Subjects: Biologi > Ekologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 19 Sep 2020 06:34
Last Modified: 19 Sep 2020 06:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11859

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.