UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI MADRASAH ALIYAH AL-MUHAJIRIN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS TAHUN 2019/2020

DERIAZIS WIBOWO, NIM. 352016005 (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI MADRASAH ALIYAH AL-MUHAJIRIN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS TAHUN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
352016005_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text
352016005_BAB II SAMPAI BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)

Abstract

Deriazis Wibowo, 2020, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Complete Sentence Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Tugumulyo Musi Rawas Tahun 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Apriana, M.Hum., (II) Yusinta Tia Rusdiana, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci:Model Complete Sintence, Hasil Belajar Siswa Latar belakang: keinginan penulis tentang Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Complete Sintence Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Tugumulyo Musi Rawas Tahun 2019/2020. Rumusan Masalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Complete Sentence di kelas X IPS 1 MA Al-Muhajirin Tugumulyo Musi Rawas tahun ajaran 2019/2020? (2) Bagaimana kendala yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran Complete Sentence bagi siswa kelas X IPS 1 MA Al-Muhajirin Tugumulyo Musi Rawas tahun ajaran 2019/2020? (3) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakaan model pembelajaran Complete Sentence dalam pembelajaran sejarah kelas X IPS 1 MA Al-Muhajirin Tugumulyo Musi Rawas tahun ajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen Semu (Quasi Eksperimental Research). Jenis Penelitian yaitu jenis Kuantitatif.Kesimpulan: (1)Penerapan model pembelajaran Compelete Sintence dalam proses pembelajaran menggunakan sintak model pembelajaran Complete Sintence, soal tes, lembar observasi dan rencana tindakan (2) kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran yaitu Pertama, siswa untuk pertam kalinya malakukan beljara menggunakan model Complete Sentence sehingga dalam pelaksanaan menjadi Kendala bagi peneliti untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.Kedua,siswa hanya mampu mengumpulkan data dan menjawab konsep yang terkait dari satu buku sumber belajar. Ketiga,dalam mengarahkan siswa untuk bekerjasama hanya ada beberapa yang terlihat aktif dalam proses pembelajaran. (3) Model pembelajaran Complete Sintence yang diterapkan pada siswa kelas X IPS 1 menunjukkan hasil belajar yang meningkat pada setiap pertemuan. Hal ini dilihat pada pertemuan II siswa dengan presentase 41,9 % belum tuntas, sedangkansiswa dengan presentase 58,06 % telah tuntas. Sedangkan pada pertemuan III menunjukkan ada 26 siswa yang telah tuntas dengan presentase 83,8 %. Sedangkan 5 siswa belum tuntas dengan presentase 16,2 %. Dari hasil tes tersebut diketahui bahwa model Complete Sintece yang diterapkan dikelas X IPS 1 dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah.Saran: (1) Bagi siswa MA Al-Muhajirin Tugumulyo diharapkan lebih mempersiapkan diri dan lebih aktif lagi dalam melakukan pembelajaran sehingga akan lebih meningkatkan hasil belajar. (2) Bagi guru, model pembelajaran Complete Sintence dapat digunakan sebagai alternative untuk menjadikan siswa belajar dengan aktif. (3) Bagi pembaca, agar penelitian ini dijadikan sebagai referensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan peningkatan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (I) Dr. Apriana, M.Hum., (II) Yusinta Tia Rusdiana, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Model Complete Sintence, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 07:00
Last Modified: 16 Sep 2020 07:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11847

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.