DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMBERIKAN PUTUSAN PERCERAIAN GHAIB DI PENGADILAN AGAMA PALEMBANG

SISKA OKTRIANI, NIM. 502016239 (2020) DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMBERIKAN PUTUSAN PERCERAIAN GHAIB DI PENGADILAN AGAMA PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502016239_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
502016239_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMBERIKAN PUTUSAN PERCERAIAN GHAIB DI PENGADILAN AGAMA PALEMBANG Oleh SISKA OKTRIANI Perceraian ghaib adalah perceraian yang salah satu pihak suami ataupun isteri yang tidak diketahui lagi keberadaannya lebih dari tiga bulan. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah Apakah dasar pertimbangan majelis hakim terhadap putusan perceraian ghaib di Pengadilan Agama Palembang ? dan Bagaimana kekuatan putusan perceraian secara ghaib di Pengadilan Agama Palembang ?. Jenis penelitian hukum ini adalah penelitian hukum sosiologis yang bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan. Sejalan dengan judul dan beberapa permasalahan yang telah dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa : Dasar pertimbangan majelis hakim terhadap putusan perceraian secara ghaib di Pengadilan Agama Palembang, adanya keterangan dari Kelurahan tempat tinggal Pemohon atau Penggugat yang menyatakan bahwa suami atau isteri Pemohon atau Penggugat telah pergi dari kediaman mereka dengan tidak memberitahukan alamat yang jelas dimana keberadaanya, atas dasdar itulah pihak Pemohon atau Penggugat dapat mengajukan gugatan secara ghaib. Dan Kekuatan putusan perceraian secara ghaib di Pengadilan Agama Palembang, dasarnya adalah salah satu pihak meninggalkan pihak lain selama 2 (dua ) tahun berturut-turut tanpa izin pihak lain dan tanpa lasan yang sah atau karena hal lain diluar kemampuannya, sehingga setiap putusan perceraian secara ghaib mempunyai hak eksekutorial sebagaimana putusan perceraian yang benar-benar kedua belah pihaknya hadir dimuka persidangan. Kata Kunci : Pertimbangan, Putusan, Hakim, Perceraian Ghaib.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Helwan Kasra, SH., M.Hum Pembimbing 2 : Mulyadi Tanzili, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Pertimbangan, Putusan, Hakim, Perceraian Ghaib
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 16 Sep 2020 07:21
Last Modified: 24 Oct 2020 06:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11845

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.