PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MITE SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG

NILA SARI, NIM. 312016044 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MITE SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016044 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
312016044 BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model (Define, Design, Develop, and Disseminate). Teknik pengumpulan data dengan angket dan studi dokumen. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media animasi pada pembelajaran menulis mite siswa SMP Muhammadiyah 3 Palembang dan untuk memperoleh uji kevalidan, efektivitas dan menarik dari media animasi dalam pembelajaran menulis mite siswa SMP Muhammadiyah 3 Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media animasi melalui tahap 4D. Tahap define untuk menentukan tujuan dengan melakukan studi dokumen. Tahap Design dengan melakukan perancangan hingga pada tahap pembuatan media. Tahap Develop untuk mengetahui penilaian kelayakan berdasarkan ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan penilaian siswa. Tahap disseminate dengan memberikan video animasi dalam bentuk kepingan CD untuk guru. Kelayakan Video berdasarkan penilaian dari ahli media dengan persentase yaitu 83% dengan kategori sangat layak, 1 ahli materi dengan persentase yaitu 86% dengan kategori sangat layak, 1 ahli bahasa dengan persentase yaitu 75% dengan kategori layak, validasi penilaian siswa dengan persentase yaitu 91% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan uji validasi dapat disimpulkan bahwa video animasi yang dikembangkan dapat digunakan untuk media pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi menulis mite.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Sakdiah Wati, M.Pd. 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Animasi, Menulis Mite.
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 06:28
Last Modified: 16 Sep 2020 06:49
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11835

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.