Pengembangan Modul Pembelajaran Materi Menyusun Teks Eksposisi dengan Model Project Based Learning (PJBL) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Pemulutan Barat

RENI PUSPITA SARI, NIM. 312016021 (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Materi Menyusun Teks Eksposisi dengan Model Project Based Learning (PJBL) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Pemulutan Barat. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (815kB) | Preview
[img] Text
312016021_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah modul pembelajaran menyusun teks eksposisi. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran materi menyusun teks eksposisi dengan model Project Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas VIII SMP, mendeskripsikan kelayakan modul berdasarkan penilaian dan validasi oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan uji coba terhadap siswa. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian dengan cara deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif yang dihasilkan akan dikonversi menjadi data kualitatif untuk mendeskripsikan kelayakan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan modul menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan berdasarkan pengembangan menurut Tessmer dengan dua tahapan utama yaitu tahap Preliminary yang terdiri dari tahap analisis dan desain, tahap Formative Evolution yang terdiri dari Self Evolution (Evolusi Diri), Prototyping (Pembuatan Prototipe), Export Review (Uji Pakar), One-To-One, Small Group, dan Field Test. Kevalidan modul pembelajaran dilihat berdasarkan uji validasi, hasil validasi ahli media mencapai 75%, ahli materi 90%, dan ahli bahasa 75% yang dapat dikategorikan valid. Berdasarkan uji coba produk pada tahap Field test rata-rata skor siswa adalah 83,00 yang dapat dikategorikan baik, sedangkan dilihat dari hasil angket respon siswa diperoleh skor 96% yang dapat dikategorikan sangat layak. Berdasarkan uji validasi dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan baik dalam proses belajar siswa secara mandiri maupun pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi teks eksposisi siswa kelas VIII di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sakdiah Wati, M.Pd Pembimbing 2 : Dra. Mulyati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul pembelajaran, teks eksposisi, model project based learning (pjbl).
Subjects: Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:54
Last Modified: 16 Sep 2020 02:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11802

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.