Analisis Keidakadilan Gender dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer

FITRI ANGGINIA, NIM. 312016038 (2020) Analisis Keidakadilan Gender dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016038_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text
312016038_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)

Abstract

ABSTRAK Angginia, Fitri. 2020. Analisis Ketidakadilan Gender dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Drs. H. Refson, M.Pd. (2) Surismiati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: analisis, ketidakadilan gender Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana ketidakadilan gender yang terdapat dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Manfaat penelitian ini adalah (1) secara teoritis dari penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah keilmuan dalam pengajaran bidang bahasa dan sastra, khususnya tentang bias gender dan bentuk-bentuk ketidakadilan gender. (2) Secara praktis; a) Pembaca. b) pengajaran Bahasa Indonesia. c) Dunia pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Terbit pada September 2019. Diterbitkan oleh Lentera Dipantara, dengan ketebalan 535 halaman dan berukuran 20 cm x 13cm dan ketebal 3 cm. Hasil penelitian data bahwa novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer mengandung bentuk-bentuk ketidakadilan gender, diantaranya (1) marginalisasi perempuan. (2) subordinasi perempuan. (3) steriotipe perempuan. (4) kekerasan perempuan. (5) beban kerja perempuan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer mengandung bentuk-bentuk ketidakadilan gender, diantaranya (1) marginalisasi perempuan. (2) subordinasi perempuan. (3) steriotipe perempuan. (4) kekerasan perempuan. (5) beban kerja perempuan. Saran dari hasil penelitian adalah novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer sangat bermanfaat dibaca untuk menambah pengetahuan mengenai apa saja bentuk ketidakadilan gender pada perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. H. Refson, M.Pd. 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: analisis, ketidakadilan gender
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:37
Last Modified: 16 Sep 2020 03:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11775

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.