PENGEMBANGAN MEDIA FILM KARTUN CERITA RAKYAT SUMATRA PADA KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG

NINDYA VERINA PUTRI, NIM 312016029 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA FILM KARTUN CERITA RAKYAT SUMATRA PADA KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
312016029_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (785kB) | Preview
[img] Text
312016029_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Nindya Verina. 2020. Pengembangan Media Film Kartun Cerita Rakyat Sumatra pada Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa SMP Muhammadiyah 3 Palembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: Dr. Sakdiah Wati, M.Pd. dan Dra. Mulyati, M.Pd. Kata kunci: pengembangan, film kartun cerita rakyat sumatra, karangan narasi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media film kartun pada pembelajaran karangan narasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Palembang dan untuk memperoleh uji kevalidan, efektivitas dan menarik dari media film kartun dalam pembelajaran menulis teks karangan narasi siswa SMP Muhammadiyah 3 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Teknik pengumpulan data dengan angket dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan film kartun melalui tahap 4D. Tahap define untuk menentukan tujuan dengan melakukan studi dokumen. Tahap design dengan melakukan perancangan hingga pada tahap pembuatan media. Tahap develop untuk mengetahui penilaian kelayakan berdasarkan ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan penilaian siswa. Tahap disseminate dengaan memberikan film dalam bentuk kepingan CD untuk guru. Kelayakan video berdasarkan penilaian dari 1 ahli media dengan presentase yaitu 79% dengan kategori sangat layak, 1 ahli materi dengan presentase yaitu 85% dengan kategori sangat layak, 1 ahli bahasa dengan presentase yaitu 75% dengan kategori layak, validasi penilaian siswa dengan presentase yaitu 95% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan uji validasi, film katun cerita rakyat sumatra yang dikembangkan dapat digunakan untuk media pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi karangan narasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sakdiah Wati, M.Pd Pembimbing 2 : Dra. Mulyati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pengembangan, film kartun cerita rakyat sumatra, karangan narasi
Subjects: Bahasa Indonesia > Drama
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 19 Sep 2020 02:41
Last Modified: 19 Sep 2020 02:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11753

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.