PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GLASSER TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS PUISI BEBAS DI SMP NEGERI 1 BANYUASIN

WASYILAH, NIM. 312016022 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GLASSER TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS PUISI BEBAS DI SMP NEGERI 1 BANYUASIN. Skripsi thesis, universitas muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
312016022_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (826kB) | Preview
[img] Text
312016022_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis teks puisi bebas kepada siswa agar siswa mampu menghasilkan sebuah karya puisi hasil imajinasi dan daya khayal dari dalam diri siswa. Sehingga siswa dapat berpikir kreatif sesuai dengan ide dan gagasan yang ada di dalam pikiran siswa berdasarkan kehidupan nyata yang pernah terjadi di lingkungan siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran glasser terhadap kemampuan siswa kelas VIII dalam menulis teks puisi bebas di SMP Negeri 1 Banyuasin III ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran glasser terhadap kemampuan siswa kelas VIII dalam menulis teks puisi bebas di SMP Negeri 1 Banyuasin III. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 229 siswa dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banyuasin III dan sampel penelitian ini berjumlah 56 siswa, dari kelas VIII H berjumlah 28 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII G berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini diketahui bahwa siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran glasser diperoleh nilai rata-rata 82,85 dan standar deviasinya 12,82 dan hasil siswa kelas kontrol dengan tidak menggunakan model pembelajaran glasser diperoleh nilai rata-rata 79,46 dan standar deviasinya 9,75 setelah datanya dianalisa, maka didapat nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol. Kemudian dari hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh thitung =2,91 untuk taraf signifikan 5 % dan db = 54 didapat ttabel = 1,67. Ini berarti thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh yang berarti dengan menggunakan model pembelajaran glasser terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks puisi bebas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banyuasin III”. Dapat diterima kebenarannya. Oleh karena itu, peneliti menyarankan pada guru Bahasa Indonesia agar memberikan materi pelajaran dengan model yang bervariasi. Kemudian, peneliti juga menyarankan untuk siswa lebih meningkatkan lagi minat dalam belajar bahasa Indonesia khususnya materi menulis teks puisi bebas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dra. Ismaiyati, M.Pd 2. Dr. Gunawan Ismail, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pengaruh, model glasser, menulis, teks puisi
Subjects: Bahasa Indonesia > Puisi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:16
Last Modified: 16 Sep 2020 02:16
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11739

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.