KEEFEKTIFAN MEDIA SHADOW PUPPET DALAM BERCERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN

NANIK MARDIYANI, NIM. 312016010 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA SHADOW PUPPET DALAM BERCERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, universitas muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
312016010_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (784kB) | Preview
[img] Text
312016010_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media Shadow Puppet sebagai media bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 4 Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian ini diketahui bahwa siswa kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran Shadow Puppet diperoleh nilai ratarata 78,43 dan standar deviasinya 10,03. Hasil siswa kelas kontrol dengan tidak menggunakan media pembelajaran Shadow Puppet diperoleh nilai rata-rata 72,76 dan standar deviasinya 6,4. Setelah datanya dianalisis nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol. Kemudian dari hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh thitung =3,39 untuk taraf signifikan 5 % dan db = 58 didapat ttabel = 1,67. Ini berarti thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis yang menyatakan “Efektif yang berarti menggunakan media pembelajaran Shadow Puppet terhadap kemampuan siswa dalam bercerita kelas VII SMP Negeri 4 Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dr.H. Haryadi, M.Pd 2. Dr. Gunawan Ismail, M.Pd
Uncontrolled Keywords: keefektifan, media shadow puppet, bercerita
Subjects: Bahasa Indonesia > Bahasa (Terminologi) dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 01:50
Last Modified: 16 Sep 2020 01:50
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11738

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.