PEMBUATAN BIOPLASTIK DARI AMPAS TAHU DAN AMPAS TEBU DENGAN PENGARUH PENAMBAHAN GLISEROL DAN TEPUNG MAIZENA

YOKASARI, NIM. 122016032 (2020) PEMBUATAN BIOPLASTIK DARI AMPAS TAHU DAN AMPAS TEBU DENGAN PENGARUH PENAMBAHAN GLISEROL DAN TEPUNG MAIZENA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122016032_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (830kB) | Preview
[img] Text
122016032_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)

Abstract

Penggunaan plastik sebagai pengemas sudah sangat umum dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, dibutuhkan alternatif plastik ramah lingkungan yang berasal dari bahan yang dapat terurai di lingkungan dan tersedia di alam dalam jumlah besar, contohnya bioplastik yang terbuat dari pat dan selulosa. Limbah ampas tahu merupakan limbah yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi bahan baku pembuatan bioplastik, sedangkan kandungan selulosa pada ampas tebu bisa dimanfaatkan menjadi bahan baku plastik karna semakin tinggi kandungan selulosa dapat menghasilkan daya kuat tarik yang tinggi. Tepung maizena digunakan sebagai pengental dari karekteristik bioplastik. Pembuatan bioplastik dengan pengaruh konsentrasi gliserol dan tepung maizena menggunakan pati ampas tebu dan ampas tahu melalui 3 tahap yaitu pembuatan tepung dari pati ampas tahu dan ampas tebu, pembuatan bioplastik dan analisa bioplastik. Hasil terbaik dari berbagai analisa sampel adalah nilai kuat tarik sebesar 0,00367 mPa, nilai swelling sebesar 43,3% dan elongation sebesar 7 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Ummi Kalsum., M.T. 2. Ir. Robiah., M.T.
Uncontrolled Keywords: Bioplastik, Ampas Tahu, Ampas Tebu, Gliserol, Tepung Maizena
Subjects: Kimia > Bahan Kimia Organis
Kimia > Teknologi Produk-produk Organis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:45
Last Modified: 21 Dec 2020 04:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11656

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.