ANALISIS KESULITAN ANAK TUNAGRAHITA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI PENJUMLAHAN DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB)

Putri Rizki, NIM. 332016017 (2020) ANALISIS KESULITAN ANAK TUNAGRAHITA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI PENJUMLAHAN DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016017_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
332016017_BAB II _ SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)

Abstract

ABSTRAK Rizki. Putri. 2020. Analisis Kesulitan Anak Tunagrahita Dalam Menyelesaikan Operasi Penjumlahan Di Sekolah Luar Biasa (SLB). Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Drs. H. Muslimin Tendri, M.Pd., (2) Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Analisis, Tunagrahita, Penjumlahan Anak tunagrhita adalah satu dari anak berkebutuhan khusus (ABK) yang memiliki kondisi kecerdasan di bawah rata-rata, karena itu anak tunagrahita memiliki banyak hambatan dalam berinteraksi sosial, intelektual, memfokuskan konsentrasi dan cenderung tidak percaya diri. Dalam pembelajaran kemampuan anak tunagrahita cenderung berbeda setiap anak seusianya apalagi dalam kemampuan matematika. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan anak tunagrahita dalam menyelesaikan operasi penjumlahan matematika. Penelitian ini dilakukan di SLB-C Karya Ibu pada kelas VIII Palembang pada semester ganjil. Subjek penelitan terdiri dari 4 subjek kelas VIII SLB-C Karya Ibu Palembang. Metode Penelitian ini adalah Penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa soal tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari Penelitian menunjukan bahwa kesulitan yang dialami siswa yakni: (1) kesulitan dalam kemampuan dasar matematika, (2) kesulitan dalam memahami soal, (3) kesulitan dalam membaca dan menulis matematika, (4) kesulitan dalam berhitung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembimbing: 1 Drs. H. Muslimin Tendri, M.Pd. 2 Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd.
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 01:45
Last Modified: 16 Sep 2020 01:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11652

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.