PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR YANG DIJADIKAN OBJEK PENCULIKAN MENURUT KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA

YOGIE LIBRA FAHLEVI, 502016084 (2020) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR YANG DIJADIKAN OBJEK PENCULIKAN MENURUT KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502016084_BAB I-SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502016084_BAB II_SAMPAI BAB AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)

Abstract

v ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR YANG DIJADIKAN OBJEK PENCULIKAN MENURUT KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA Oleh YOGIE LIBRA FAHLEVI Kejahatan penculikan menurut Pasal 328 KUHP, yaitu : Barangsiapa melarikan (menculik) orang dari tempat kediamannya atautempat tinggalnya sementara, dengan maksud untuk membawa dia di bawah penguasaannya atau di bawah penguasaan orang lain dengan melawan hukum, atau untuk menyengsarakan orang itu, dipidana dengan pidana penjara selama lamanya 12 (dua belas) tahun. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah perlindungan hukum terhadap anak yang menjadi obyek Kejahatan penculikan yang diatur dalam Kitab Undang-Undang hukum Pidana ? dan Bagaimanakah penindakan yang tidak dapat dilakukan terhadap pelaku kejahatan penculikan yang dilakukan terhadap anak ?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Sesuai dengan judul dan beberapa permasalahan yang telah dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa : Perlindungan Hukum Terhadap Anak Di bawah Umur Yang Dijadikan Objek Penculikan Menurut KUHPMengacu pada Pasal 328, Pasal 329, Pasal 330, Pasal 331, Pasal Pasal 333 KUHP, maka terhadap anak dibawah umur yang dijadikan objek penculikan dapat diberikan perlindungan hukum atau dengan kata lain dijamin oleh hukum untuk tidak diculik. Dan penindakan yang tidak dapat dilakukan terhadap pelaku kejahatan penculikan yang dilakukan terhadap anak, jika terdakwa memenuhi syarat:Tidak mampu memaksudkan suatu tujuan yang sadar. Tidak mampu untuk mengarahkan kemauannya; atau tidak mampu untuk memahami dan menginsyafi sifat melawan hukum dari tindakannya, Fungsi intelektual umum berada di bawah rata-rata yang cukup berarti, yaitu ketidakstabilan mental pada seseorang untuk mengarahkan kemauan atau kehendaknya dalam rangka pertanggungjawaban. Kata Kunci : Perlinduangan Hukum, Penculikan, Anak dibawah Umur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Atika Ismail, SH., MH. Pembimbing 2 : Luil Maknun, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Perlinduangan Hukum, Penculikan, Anak dibawah Umur
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 16 Sep 2020 05:54
Last Modified: 16 Sep 2020 05:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11617

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.