ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA PADA MATERI SKALA KELAS VI SD NEGERI 93 PALEMBANG

Prisela Elgita Diasa, 332016026 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA PADA MATERI SKALA KELAS VI SD NEGERI 93 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
332016026_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)

Abstract

ABSTRAK Prisela Elgita Diasa. 2020. Analisis Kemampuan Representasi Siswa pada Materi Skala Kelas VI SD Negeri 93 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Drs. Sunardi, M.Pd., (2) Amrina Rizta, S.Si., M.Pd Kata Kunci : kemampuan representasi, skala. Berdasarkan hasil PISA 2018 menunjukan bahwa kemampuan matematika siswa Indonesia mendapatkan skor 379 poin yaitu 110 poin lebih rendah dibandingkan skor rata-rata OECD. Siswa Indonesia yang mencapai level 1 yaitu 31,3%, level 2 yaitu 18,6% dan level 3 yaitu 6,8%. Rendahnya kemampuan representasi siswa dikarenakan siswa masih kurang mampu menuangkan idenya untuk merepresentasikan permasalahan matematika ke dalam bentuk representasi lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi siswa pada materi skala kelas VI SD Negeri 93 Palembang. Pendekatan penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitataif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 93 Palembang dengan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang melaksanakan pembelajaran dari jaringan atau online yaitu VI.B sebanyak 11 siswa dan kelas VI.C sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes yang berfungsi sebagai data utama dalam penelitian ini. Analisis data bertujuan untuk menentukan kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan soal materi skala kelas VI SD Negeri 93 Palembang. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil penelitian ini dengan hasil perbedaan pada tiap aspek representasi matematis, kemampuan representasi matematis visual siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi skala dapat dikategorikan baik dengan persentase 85,71%, kemampuan representasi matematis simbolik dapat dikategorikan baik dengan persentase 85,71%, kemampuan representasi matematis verbal dapat dikategorikan sangat baik dengan persentase 59,52%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : kemampuan representasi, skala.
Subjects: Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:46
Last Modified: 14 Sep 2020 04:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11569

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.