ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DI KELAS V SD

Devi Yulianti, NIM. 332016007 (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DI KELAS V SD. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text
332016007_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Yulianti, Devi. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Berdasarkan Tahapan Polya di Kelas V SD. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. H. Rusdy A. Siroj, M.Pd., (2) Amrina Rizta, S.Si., M.Pd Kata Kunci : Kesalahan, Soal Pemecahan Masalah, Tahapan Polya, FPB dan KPK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi FPB dan KPK berdasarkan tahapan Polya di kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Kelurahan Plaju Ulu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling, jadi sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu SD Negeri 222 Palembang di kelas VC, SD Negeri 224 Palembang di kelas VC, dan SD IT Salsabila Palembang di kelas VA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal bentuk uraian, yang terdiri dari 6 soal uraian mengenai soal pemecahan masalah materi FPB dan KPK dengan 3 submateri yaitu Faktor Bilangan, FPB, dan KPK. Setelah data diperoleh, selanjutnya dikelolah dan dianalisis. Setelah dilakukan analisis pada hasil jawaban siswa didapatlah bahwa seluruh kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi FPB dan KPK berdasarkan tahapan Polya di kelas V SD dikategorikan sangat tinggi dengan persentase 81,40% . Untuk persentase pada tahap kesalahan memahami masalah yaitu 87,57% dengan kategori sangat tinggi, persentase kesalahan pada tahap menyusun rencana yaitu 73,91% dengan kategori tinggi, kemudian kesalahan pada tahap melaksanakan rencana yaitu 66,85% dengan kategori tinggi, dan kesalahan pada tahap memeriksa kembali yaitu 97,27% dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Rusdy A. Siroj, M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kesalahan, Soal Pemecahan Masalah, Tahapan Polya, FPB dan KPK
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:36
Last Modified: 14 Sep 2020 04:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11557

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.