ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE

Rahmi Hairani, NIM. 312016030 (2020) ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016030_BAB I_DAFTAR PUSTAKA_NEW.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
312016030_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)

Abstract

Hairani, Rahmi. 2020. Analisis Nilai Moral dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (1) Drs. Danto, M.Pd., (II) Drs. H. Mustofa, M.Pd. Kata Kunci: analisis, nilai moral, novel Masalah dalam penelitian ini adalah nilai moral apasajakah yang terdapat dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode Kualitatif memberikan perhatian terhadap data alamiah, data dalam hubungannya dengan konteks keberadaannya. Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian yang bersifat deskriptif pada umumnya data yang berupa kata-kata dan gambar. Hasil analisis membuktikan bahwa novel Tentang Kamu karya Tere Liye terdapat nilai moral di dalamnya. Nilai moral didalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye adalah (1) Nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri terdiri dari: kejujuran, prasangka baik, berpikir cerdas, bijaksana, tanggung jawab, sabar (2) hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial: dermawan, tolong-menolong, berbakti kepada orang tua (3) hubungan manusia dengan lingkungan alam (4) hubungan manusia dengan Tuhannya. Simpulan dari penelitiaan, bahwa dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye terdapat nilai moral yang terkandung didalamnya. Saran yang diajukan, Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye sangat baik untuk dibaca semua kalangan dan pencinta sastra, khususnya para remaja karena novel ini banyak mengandung pesan moral yang baik dan mengajarkan pembacanya bagaimana bersikap sabar dan pantang menyerah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi peneliti lanjutan. Nilai moral yang terdapat dalam novel Tentang Kamu Karya Tere Liye, diharapkan dapat dimaknai dalam tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Danto, M.Pd. 2. Drs. H. Mustofa, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: analisis, nilai moral, novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2020 03:47
Last Modified: 18 Sep 2020 01:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11528

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.