ANALISA KEBUTUHAN AIR BERSIH UNTUK OPERASIONAL DAN AIR HYDRANT BOX PADA GEDUNG EKONOMI DAN BISNIS PROYEK UIN RADEN FATAH PALEMBANG

SITI MARYAM, NIM.112016147 (2020) ANALISA KEBUTUHAN AIR BERSIH UNTUK OPERASIONAL DAN AIR HYDRANT BOX PADA GEDUNG EKONOMI DAN BISNIS PROYEK UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
112016147_BAB_I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
112016147_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proyek UIN Raden Fatah Palembang merupakan proyek pembangunankampus B di jalan Pangeran Ratu, Jakabaring. Proyek UIN Raden Fatah Palembang menggunakan dana Islamic Bank Development (IsBD) Dan PT. Nindya Karya (Persero) telah dipercaya sebagai kontraktor yang akan membangunkampus UIN Raden Fatah Palembang, di atas lahan seluas 350.000 m2 ini nantinya akan dibangun 9 gedung yang masing-masing gedung memiliki 4 lantai,salah satu gedungnya yaitu,gedung Ekonomi dan Bisnis dengan luas bangunan ± 3.000 m2. Kebutuhan air pada saluran hydrant boxsangat penting kegunaannya dalam memberikan pelayanan dan keamanan bagi pengguna gedungdalamkeadaan darurat atau pada saat terjadi kebakaran. Agar terpenuhinya kebutuhan air maka ketersediaan air Panel tank fiberglassharus selalu adaagar pada saat terjadi kebakaran air dapat langsung digunakan dan tidak kekurangan air.AdapunPanel tank fiberglass yang digunakan untuk hydrant box yaitu, panel tank fiberglass berkapasitas 160 m2, dan Panel rooftank berkapasitas 100 m2 untuk air bersih. Dari hasil analisadiperoleh kebutuhan air bersih untuk gedung Ekonomi dan Bisnis UIN Raden Fatah Palembang adalah117.774,8 liter/hari dan kebutuhan air untuk operasional hydrant box adalah 190.080 liter. Jadi, jika dilihat dari perhitungan kebutuhan air yang diperlukan maka kesediaan air di bak penampungan air (resevoir)untuk air bersih maupun hydrant box harus tersuplai dengan baik untuk memenuhi kebutuhan air di gedung Ekonomi dan Bisnis. sedangkan jumlah air yang tersedia di panel tank fiberglasssangat mencukupi adalah sebesar 420.000 liter/hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing, 1. Ir.H.Zainul Bahri, M.T. 2. Ir.H. Matsyuri Ayat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Gedung ekonomi dan bisnis, kebutuhan air, analisa.
Subjects: Teknik Sipil > Teknik Hidraulis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 12 Sep 2020 06:10
Last Modified: 12 Sep 2020 06:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11421

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.