PENGARUH PENAMBAHAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI BAHAN CAMPURAN TERHADAP KUAT TEKAN BATU BATA DI DESA SUAKARSA KECAMATAN TELUK GELAM OKI

DENI FEBRIADI, NIM. 112016025 (2020) PENGARUH PENAMBAHAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI BAHAN CAMPURAN TERHADAP KUAT TEKAN BATU BATA DI DESA SUAKARSA KECAMATAN TELUK GELAM OKI. Skripsi thesis, unniversitas muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
112016025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.Pdf.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text
112016025_BAB II_BAB TERAKHIR.Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan batu bata dalam dunia konstruksi baik sebagai elemen struktur maupun non struktur belum dapat tergantikan. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya proyek konstruksi yang memanfaatkan batu-bata sebagai dinding pada pembangunan gedung dan perumahan, pagar, saluran, dan pondasi. Batu-bata terbuat dari campuran tanah dan air. Pada penelitian ini proses pembuatan batu-bata akan dicoba mencampurkan tanah dengan bahan tambahan Abu sekam padi untuk mengetahui pengaruh perubahan sifat mekanik batu-bata yaitu ditinjau dari uji susut bakar dan uji kuat tekan. Sampel tanah yang digunakan merupakan jenis tanah lempung yang berasal dari Desa Suakarsa Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir.Penelitian ini menggunakan sampel batu-bata berbentuk balok dengan ukuran panjang 19,5cm, lebar 9,5cm, dan tinggi 9cm. Variasi komposisi abu sekam padi yang ditambahkan adalah 0%, 3%, 4%, 5% dan 6%. Penambahan abu sekam padi dengan persentase komposisi 3% sampai 6% dapat mempengaruh sifat mekanik batu-bata yaitu menurunkan susut bakar serta meningkatkan kuat tekan batu-bata. Nilai susut bakar minimum dicapai pada presentase Abu sekam padi dengan variasi 6% yaitu dengan susut bakar sebesar 37,55%. Nilai kuat tekan optimum dicapai pada presentase Abu sekam Padi dengan variasi 3% dengan umur 14 hari, didapat nilai kuat tekannya adalah sebesar 76,88 Kg/cm².

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Ir.Erny Agusri, M.T. 2. Ir. H. Matsyuri Ayat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Batu-Bata, Abu Sekam Padi, Kuat Tekan.
Subjects: Teknik Sipil > Bahan-bahan Bangunan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 12 Sep 2020 01:58
Last Modified: 12 Sep 2020 02:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11372

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.