Peranan Dakwah Terhadap Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Barokatul Ulumin Najah Desa Tirtosari Kecamatan Banyuasin IKabupaten Banyuasin

ELI KUSUMAWATI, NIM. 612016029 (2020) Peranan Dakwah Terhadap Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Barokatul Ulumin Najah Desa Tirtosari Kecamatan Banyuasin IKabupaten Banyuasin. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
612016029_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016029_BAB II _ SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Peran penting pondok pesantren tidak terlepas dari fungsi tradisionalnya yaitu sebagai transmisi dan transfer ilmu-ilmu Islam, pemeliharaan tradisi Islam. penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti untuk mengetahui Ustadz dan ustadzah telah berperan dalam mengembangkan akhlak santri hal ini dapat dilihat dari usaha yang dapat ditempuh dengan belajar dan berlatih melakukan perilaku akhlak yang mulia, di samping diperlukan pemahaman yang benar tentang mana yang baik dan mana yang buruk, untuk membina dan membentuk akhlak seseorang diperlukan proses seperti keteladanan, ta’lim (pengajaran), ta’wid (pembiasaan), pemberian hadiah. Namun, upaya tersebut belum sepenuhnya terlaksana secara optimal, hal tersebut diindikasikan masih adanya santri yang melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan nilai ajaran Islam. Adapun dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriftif kualitatif dengan menggambarkan dan menguraikan dalam bentuk kata-kata. Dakwah yang digunakan di pondok pesantren Barokatul Ulumin Najah menggunakan metode ceramah, tanya jawab, mauidzah hasanah atau nasihat yang baik, ini diberikan oleh pengurus pondok pesantren kepada para santri agar pesan yang disampaikan lebih mengena. Dakwah di pondok pesantren barokatul ulumin najah ini cukup berperan dalam pembentukan akhlak santri sebagaimana visi dan misi pondok pesantren dalam mendidik dan membentuk akhlak santri. Faktor pendukung yaitu keseharian mereka yang terpantau dan mampu bersosialisasi dengan baik di dalam lingkungan pondok pesantren maupun terhadap masyarakat luar, buku-buku atau kitab yang mencukupi sesuai dengan kebutuhan dalam menyampaikan dakwah, santri pondok pesantren antusias dalam mengikuti pengajian, santri pondok pesantren antusias dalam mengikuti pengajian, serta mampu bersosialisasi dengan baik terhadap masyarakat. Adapun faktor penghambat dalam pembinaan akhlak santri di pondok pesantren Barokatul Ulumin Najah, ada beberapa santri yang sulit memahami pesan dakwah yang disampaikan oleh ustadz dan ustadzah, dan kurangnya minat belajar, pergaulan santri yang tidak menetap dipondok juga ikut mempengaruhi santri yang tinggal dipondok, serta sarana dan pra sarana pondok pesantren Barokatul Ulumin Najah belum memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1. Dr.Suroso,S.Ag.,M.Pd.I Pembimbing 2. Dr.Sayid Habiburahman,S.Pd.I.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peranan dakwah akhlak.
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 11 Sep 2020 00:41
Last Modified: 11 Sep 2020 00:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11289

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.