Metode Dakwah Dalam Mengatasi kenakalan Remaja Muslim di Desa NUsa Makmur Kecamatan Air Kumbang kabupaten Banyuasin

YUDA PRANATA, NIM. 612016043 (2020) Metode Dakwah Dalam Mengatasi kenakalan Remaja Muslim di Desa NUsa Makmur Kecamatan Air Kumbang kabupaten Banyuasin. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
612016043_BAB 1_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016043_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Yuda Pranata NIM 612016043, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang, Judul skripsi Metode Dakwah Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Muslim di Desa Nusa Makmur Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk kenakalan remaja muslim di desa Nusa Makamur, penerapan metode dakwah dalam mengatasi kenakalan remaja muslim di desa Nusa Makmur, faktor pendukung dan penghambat dakwah dalam mengatasi kenakalan remaja muslim di desa Nusa Makmur. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, oleh karena itu teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, angket, dokumentasi , wawancar. Penelitian ini dilakukan terhadap remaja muslim yang ada di desa nusa makamur kecamatan air kumbang kabupaten banyuasin. Kenakalan remaja sebagai salah satu problem sosial sangat mengganggu keharmonisan kehidupan sosial. Dalam kenyataannya kenakalan remaja merusak nilai-nilai moral, nilai-nilai susila, nilai-nilai luhur agama, dan beberapa aspek pokok yang terkandung di dalamnya, serta norma-norma hukum yang hidup dan tumbuh di dalamnya baik hukum tertulis maupun yang tidak tertulis. Kenakalan remaja yang dilakukan oleh remaja muslim desa Nusa Makmur antara lain adalah krisis sopan santun terhadap orangtua, perkelahian, mengambil barang milik oarang tanpa izin, menonton film porno, balap liar dan nongkrong hingga larut malam. Penerapan metode dakwah dalam mengatasi kenakalan remaja muslim desa Nusa makmur yang paling sesuai adalah netode ceramah, metode tanya jawab dan metode uswatun hasanah / keteladanan. Faktor pendukung dakwah antara lain adalah kegiatan ceramah diadakan disetiap kegiatan yang mekibatkan remaja, memanfaatkan internet. Selain da’i orang tua, guru dan aparat desa ikut serta dalam berdakwah, Faktor penghambat dalam berdakwah antara lain adalah sumber daya manusia yang rendah yang menyebabkan anak remaja minder, pengaruh dari teman yang kurang baik, dan pengaruh buruk dari internet

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr.Drs.Abu Hanifah, M.Hum pembimbing 2. Yuniar Handayani,S.H.,M.H
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Muslim
Subjects: Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 11 Sep 2020 00:43
Last Modified: 11 Sep 2020 00:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11287

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.