PENGARUH VARIASI WAKTU FERMENTASI DAN MASSA SACCHAROMYCES CEREVICEAE TERHADAP YIELD BIOETANOL DARI KULIT NANAS SKRIPSI

Farobi Dwizi Adam, NIM. 122016007 (2020) PENGARUH VARIASI WAKTU FERMENTASI DAN MASSA SACCHAROMYCES CEREVICEAE TERHADAP YIELD BIOETANOL DARI KULIT NANAS SKRIPSI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122016007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
122016007_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)

Abstract

Buah nanas merupakan buah yang umum dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai salah satu bahan makanan. Buah nanas bukan merupakan buah musiman dan selalu tersedia di pasar . Dengan besarnya produksi nanas di indonesia maka jumlah limbah dari nanas pun juga besar terutamanya adalah limbah kulit nanas. Dari hasil penelitian diketahui sari kulit nanas mengandung glukosa sebesar 66.2 mg/ml. Kandungan glukosa yang cukup tinggi inilah, sehingga kulit nanas dapat dimanfaatkan untuk memproduksi bioethanol dengan proses fermentas. Limbah kulit nanas dibersihkan dari kotoran, dipotong kecil-kecil dan diblender sampai menjadi bubur. Bubur kulit nanas dihidrolisis dengan ditambahkan aquadest perbandingan 1:2 dan di tambahkan asam HCL 0,5N hingga Ph 2,1-,23 selanjutkan dipanaskan pada suhu 80°C selama 60 menit. Hasil hidrolisis disaring untuk diambil sarinya dan disterilisasi di autoclave. Sari kulit nanas yang telah steril diletakan pada wadah dan ditambahkan sacchaaromyces cereviceae dengan variasi massa 5, 10, 15 gram selanjutnya di fermentasi dengan variasi waktu 4, 6, 8, 10 hari pada pH 4,5 dan suhu 27°C. Hasil dari fermentasi disaring, selanjutnya di destilasi untuk memisahkan Bioetanolnya. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa produksi yield bioetanol terbanyak di dapatkan dengan variasi waktu fermentasi selama 8 hari dan massa sacchaaromyces cereviceae sebanyak 15 gram yang menghasilkan yield bioetanol sebesar 44,31%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Netty Herawati, S.T., M.T. 2. Ir. Rifdah, M.T.
Uncontrolled Keywords: Bioetanol, Kulit nanas, waktu fermentasi, sacchaaromyces cereviceae
Subjects: Kimia > Bioteknologi (Mikrobiologi dan Biokimia)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 10 Sep 2020 07:53
Last Modified: 10 Sep 2020 07:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11255

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.