Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Menggunakan Model Problem Based Learning

LIDYA WULANDARI, NIM.332016012 (2020) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Menggunakan Model Problem Based Learning. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text
332016012_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Lidya.2020. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Menggunakan Model Problem Based Learning. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Strata (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. H. Syaifudin, M.Pd. (II) Muslimin, M.Pd. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Problem Based Learning, Pecahan. Belajar siswa tidak hanya cukup menghafal rumus dan menguasai perhitungan, akan tetapi siswa juga perlu pembelajaran matematika yang bermakna melalui komunikasi matematis dengan simbol, tabel, diagram atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah karena banyak informasi yang dapat disampaikan dengan bahasa matematika, misalnya menyajikan persoalan atau masalah kedalam bentuk model matematika misalnya diagram, persamaan matematika, grafik ataupun tabel lapangan operasional. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan menggunakan model problem based learning”. Jenis ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Izzatuna Palembang. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yang dipilih secara random sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A dan VII B. Kelas VII A berjumlah 19 siswa dan Kelas VII B berjumlah 19 siswa. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan untuk melihat tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa mengenai materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis siswa yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model problem based learning pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan kelas VII dikategorikan baik dengan rata-rata persentase sebesar 58,21%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Syaifudin, M.Pd 2. Muslimin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Problem Based Learning, Pecahan.
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Sep 2020 00:56
Last Modified: 08 Sep 2020 00:56
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11089

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.