PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KELILING BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 1 PANCAWARNA

MUHAMMAD REZA ADI ANSYAH, NIM. 332015021 (2020) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KELILING BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 1 PANCAWARNA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img] Text
332015021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img]
Preview
Text
332015021_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf

Download (758kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ansyah, Muhammad Reza Adi 2020. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Keliling Bangun Datar di Kelas IV SD Negeri 1 Pancawarna. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I). Drs. Sunardi, M.Pd., Pembimbing (II). Muslimin, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci: Faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa adalah pembelajaran masih menggunakan metode konvensional serta pembelajaran matematika bersifat abstrak, monoton, dan guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran tujuan pembelajaran ini adalah untuk mengetahui bagaiman pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi keliling bangun datar di kelas IV SD Negeri 1 Pancawarna. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen.. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Pancawarna dengan populasi penelitian adalah seluruh kelas IV tahun ajaran 2019/2020 yang terbagi menjadi dua kelas. Kelas IV.A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV.B sebagai kelas kontrol yang di tentukan dengan teknik simple random sampling dengan cara melakukan pengundian yang didampingi oleh guru kepala sekolah. Dari hasil perhitungan diperoleh hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik di kelas IV.A yang berjumlah 28 siswa mendapat nilai rata-rata = 78,393 dan simpangan baku . Sedangkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik di kelas IV.B yang berjumlah 28 siswa mendapat nilai rata-rata = 66,857 dan simpangan baku adalah . Berdasarkan analisis hasil perhitungan uji t untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan maka diperoleh harga dan dengan dan taraf signifikan ini berarti berada dalam daerah penolakan , yang artinya diterima. Dengan hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi keliling bangun datar di kelas IV SD Negeri 1 Pancawarna”, diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Pd. 2. Muslimin, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, pendekatan pendidikan matematika realistik, hasil belajar, keliling bangun datar.
Subjects: Matematika > Matematika Statistik
Peer Review
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2020 06:25
Last Modified: 07 Sep 2020 06:25
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11056

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.