PENERAPAN KEADILAN RESTORATIF TERHADAP PUTUSAN HAKIM DALAM PERKARA PIDANA ANAK YANG TERLIBAT KEJAHATAN NARKOTIKA

MUHAMMAD ALAN, NIM. 502014339 (2020) PENERAPAN KEADILAN RESTORATIF TERHADAP PUTUSAN HAKIM DALAM PERKARA PIDANA ANAK YANG TERLIBAT KEJAHATAN NARKOTIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
312014339_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
312014339_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN KEADILAN RESTORATIF TERHADAP PUTUSAN HAKIM DALAM PERKARA PIDANA ANAK YANG TERLIBAT KEJAHATAN NARKOTIKA Oleh MUHAMMAD ALAN Pencandu Narkotika adalah seorang penyalahgunaan narkoba yang telah mengalami ketergantungan terhadap satu atau lebih narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lain baik secara fisik maupun psikis. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah apakah faktor penyebab anak terlibat kejahatan narkotika dan apakah dasar penerapan keadilan restoratif terhadap perkara anak yang terlibat kejahatan narkotika jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Sejalan dengan judul dan beberapa permasalahan yang telah dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa : Faktor yang menyebabkan anak menjadi pencandu narkotika adalah disebabkan oleh faktor-faktor broken home dan anak nakal yaitu penyandang sosial seperti orang tuanya tidak ada lagi yatim piatu dan kurang mampu ekonomi, pendidikan dan lingkungan dan Dasar penerapan keadilan restoratif terhadap perkara pidana anak yang terlibat kejahatan narkotika pertimbangan hakim dalam memutuskan suatu perkara yang diajukan kepadanya untuk menentukan terdakwa bersalah atau tidak menerima dua alat bukti yaitu keterangan saksi-saksi dan terdakwa dan bukti penunjuk baik dari laboratorium kriminologi, khusus terhadap anak pengadilan tidak memberikan hukuman melainkan memberikan perawatan dan rehabilitasi sosial terhadap anak untuk diobati supaya dapat disembuhkan kembali, karena anak masih punya masa depan yang baik. Kata kunci : Keadilan restoratif, hakim, narkotika, anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Muhammad Yahya Selma,SH., MH. Pembimbing 2 : Rusniati, SE., SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Keadilan restoratif, hakim, narkotika, anak
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 07 Sep 2020 06:15
Last Modified: 07 Sep 2020 06:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11046

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.