ANALISIS NILAI-NILAI BUDAYA DALAM NOVEL PEREMPUAN BATIH KARYA A.R RIZAL

AGUNG PRABOWO, NIM 312014011 (2019) ANALISIS NILAI-NILAI BUDAYA DALAM NOVEL PEREMPUAN BATIH KARYA A.R RIZAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
312014011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
312014011_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)

Abstract

ABSTRAK Prabowo, Agung. 2018. Analisis Nilai-nilai Budaya Dalam Novel Perempuan Batih Karya A.r Rizal. Skripsi, Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (1) Drs. H. Mustofa, M.Pd., (2) Drs. H. Refson, M.Pd. Kata Kunci: Nilai, Budaya, Novel Latar belakang penelitian ini adalah dimulainya Gadis, seorang perempuan kampung yang hidup dalam masyarakat matrilineal Minangkabau, Sumatra Barat. Sebagai anak perempuan satu-satunya, seharusnya kehidupan Gadis baik-baik saja. Tapi tidak. Ia justru menjawab tantangan kehidupan sebagai takdirnya sebagai perempuan. Tinggal di kampung yang berbatasan dengan hiruk-pikuk kota di sumatra barat, Gadis hidup dalam gilingan perubahan zaman bernarlah kata pepatah, “Kasih anak sepanjang galah, kasih ibu sepanjang jalan dan dia mencontohkan nilai-nilai budaya yang baik, yaitu nilai kesopanan. Masalah dalam penelitian ini: Nilai-nilai apa sajakah yang terdapat dalam novel Perempuan Batih karya A.r Rizal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang secara keseluruhan memanfaatkan cara-cara penafsiran dengan menyajikannya dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian novel Perempuan Batih yaitu wujud dan nilai budaya seperti wujud ide-ide seperti ide-ide Gadis dalam menghasilkan karya, nilai kesopanan yang ditunjukan oleh Gadis, wujud kebiasaan-kebiasaan aktivitas mereka, serta unsur-unsur kebudayaan yang menghasilkan karya-karya seperti pernikahan adat minangkabau . kesimpulan penelitian dapat disipulkan bahwa nilai dan wujud kebudayaan dalam novel Perempuan Batih karya A.r Rizal berupa wujud kebudayaan sebagai komples dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, pereaturan, dan sebagainya, wujud kebudayaan sebagai suatu komplek aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat, dan wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia. Unsur-unsur kebudayaan dalam novel Perempuan Batih karya A.r Rizal berupa unsur ilmu pengetahuan, unsur teknologi, unsur ekonomi, unsur organisasi sosial, unsur bahasa dan komunikasi, dan unsur kesenian. Sebagai penutup peneliti menyarankan penelitian ini dapat menjadi bahan tambahan dalam memahami dan meneliti sastra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Mustofa, M.Pd. Pembimbing 2 : Drs. H. Refson, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Nilai, Budaya, Novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 05 Sep 2020 06:42
Last Modified: 05 Sep 2020 06:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10931

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.