Peranan Daya Reaktif Pada Saluran Sistem Kelistrikan Di PT. Eka surya mandiri

Daud karimun, NIM. 132015019 (2020) Peranan Daya Reaktif Pada Saluran Sistem Kelistrikan Di PT. Eka surya mandiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132015019_BAB_ 1_SAMPAI _DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text
132015019_BAB_ 2_ SAMPAI_ BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh daya reaktif pada sistem tenaga listrik terlalu besar tidak bagus untuk sistem tersebut, karena peranannya terlalu jelek pemakaiannya dan biaya pembayar kepada PLN besar hal ini meningkatkan cos Ө yang besar, sehingga berpengaruh meningkatkan daya kompleks (S, kVA/MVA). Sebab daya yang kita bayarkan ke PLN adalah daya kompleks (S). Sebaliknya juga tanpa daya reaktif pada sistem tenaga listrik tidak akan bisa untuk mengoperasikan peralatan listrik yang ada lilitan, atau yang ada sifat induktif. Jadi peranan daya reaktif terlalu besar pada sistem tenaga listrik tidak bagus, dan tanpa daya reaktif juga tidak bagus juga. Hampir semua peralatan listrik rumah tangga tersebut ada peranan daya reaktifnya atau pengaruh induktif. Agar tidak terlalu dominan peranan daya reaktif pada pemakainnya, hendaklah diimbangi pemakaiannya peralatan listrik tersebut dengan memasang komponen kapasitor (C) yang gunanya untuk menurunkan atau mengurangi peranan daya reaktif secara vektoris. Suatu peralatan listrik pada penggunaannya hendaklah dipasang komponen sisipan kapasitor yang tentunya kita terlebih dahulu melalui suatu perhitungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Ir.Cekmas Cekdin, M.T 2. Rika Noverianty,S.T.,M.T
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : sifat induktif, daya reaktif, kapasitor.
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 05 Sep 2020 03:31
Last Modified: 05 Sep 2020 03:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10862

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.