ANALISIS KINERJA TRANSFORMATOR DAYA PADA PT. PLN (PERSERO) GARDU INDUK MARIANA

Muhammad Luthfi, NIM.132016116 (2020) ANALISIS KINERJA TRANSFORMATOR DAYA PADA PT. PLN (PERSERO) GARDU INDUK MARIANA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
132016116_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
132016116_BAB 2_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)

Abstract

Kemampuan kinerja trafo sangat di perlukan untuk berjalannya sistem operasi pada Gardu induk untuk berlangsungnya penyaluran energi listrik dari pembangkit ke konsumen tanpa terjadi gangguan pada trafo. Pertumbuhan pelanggan di area kerja PT. PLN (Persero) Gardu Induk Mariana cukup tinggi dan antara beban ke beban lainnya berjarak cukup jauh namun tidak diiringi dengan penambahan kapasitas daya untuk mempersiapkan beban yang akan sewaktu waktu naik. Hal inilah yang sangat berpengaruh terjadinya pemadaman listrik di area kerja gardu induk mariana akibat pasokan tenaga listrik yang tidak memadai. Penelitian ini, hanya akan membahas kinerja dari transformator 1 dan 2 pada Gardu Induk Mariana dan menganalisis beban puncak perbulan yang diterima oleh trafo 1 dan 2 saat beroperasi. Setelah itu Perhitungan dan analisa dari data yang sudah kita dapatkan. Menghitung perentase pembebanan dengan daya yang terpakai di bagi cos phi dan di bagi lagi dengan kapasitas trafo dan dikalikan 100% maka di dapatkan nilai persentase pembebanan. Nilai efisiensi di dapat dari daya terpakai di bagi daya terpakai yang ditambah dengan rugi total pada trafo dan di kalikan 100%. Berdasarkan data dan analisis yang di lakukan, di dapatkan bahwa Nilai persentase pembebanan tertinggi ada pada trafo 1 dengan nilai 66,97% di siang hari pada bulan Maret. Nilai persentase efisiensi tertinggi ada pada trafo 2 dengan nilai 97% di malam hari pada bulan April. Dapat disimpulkan bahwa transformator pada Gardu Induk Mariana masi layak di bebani karna berada di bawah 90% dan apabila trafo semakin di bebani maka efisiensi trafo akan semakin tinggi, namun bukan berarti trafo dapat di bebani scara penuh demi untuk keamanan dari trafo tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1. Wiwin A. Oktaviani S.T., M.sc 2. Taufik Barlian, S.T., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Transformator daya, Pembebanan trafo, Efisiensi trafo
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:16
Last Modified: 04 Sep 2020 03:16
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10859

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.