PERENCANAAN DAN PERHITUNGAN INTENSITAS CAHAYA PADA SISTEM PENERANGAN KAMPUS B GEDUNG FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

Febrian Permana, NIM. 132016135 (2020) PERENCANAAN DAN PERHITUNGAN INTENSITAS CAHAYA PADA SISTEM PENERANGAN KAMPUS B GEDUNG FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016135_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (980kB) | Preview
[img] Text
132016135_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu sarana utama yang menopang proses transfer ilmu pada lingkungan perkuliahan adalah fasilitas ruangan dimana proses belajar dan mengajar berlangsung. Ruangan pada gedung perkuliahan harus di desain sedemikian rupa agar Intensitas penerangan pada ruangan sesuai dengan kebutuhan, hal ini supaya aktifitas di dalam ruangan seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium atau bengkel bisa di lakukan dengan aman dan nyaman. lantai 5 gedung kampus B Universitas Muhammadiyah Palembang terdiri dari 12 ruangan yang memiliki fungsi berbeda dan jenis lampu yang juga berbeda. Menurut SNI 03-6575-2001, dalam pemilihan lampu, ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu tampak warna yang dinyatakan dalam temperatur warna dan kekuatan intensitas cahaya pada lampu. Intensitas cahaya dinyatakan dalam satuan lux, sedangkan banyak cahaya dalam luminansi di tetapkan dalam satuan Candela. Dalam penelitian ini akan di bahas standar kenyamanan dalam satuan luminansi cahaya untuk mengetahui efektifitas penerangan pada gedung kampus b universitas muhammadiyah Palembang. Beberapa hal yang diperhitungan dalam suatu penerangan adalah fluks cahaya, intensitas cahaya, kuat penrangan dan luminansi. Standar kuat penerangan dan daya listrik pada ruang institusi pendidikan telah diatur dan direkomendasikan dalam SNI 03-6197-2001. Dalam SNI tersebut dijelaskan rekomendasi minimal dari tingkat pencahayaan ruangan disesuaikan dengan fungsinya. Tingkat pencahayaan rekomendasi untuk sebuah ruang kelas adalah 250 Lux, sedangkan untuk ruang laboratorium tingkat pencahayaan minimal adalah 500 lux .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Yosi Apriani S.T.,M.T 2.Erliza Yuniarti, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Intensitas Cahaya, Lux, Luminasi
Subjects: Elektro > Iluminasi dan Penerangan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:03
Last Modified: 07 Sep 2020 02:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10850

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.