HUBUNGAN AKTIVITAS BERWUDHU DENGAN DERAJAT KEPARAHAN ACNE VULGARIS

MUHAMMAD RIZKY FEBRIYADI, NIM. 702016089 (2020) HUBUNGAN AKTIVITAS BERWUDHU DENGAN DERAJAT KEPARAHAN ACNE VULGARIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702016089_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702016089_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Acne Vulgaris adalah suatu kelainan dari folikel pilosebasea yang ditandai dengan adanya komedo, papula, pustul dan kista pada daerah–daerah predileksi seperti muka, bahu, bagian atas dari ekstremitas superior, dada, dan punggung. Menurut catatan studi dermatologi kosmetika Indonesia menunjukan 83-85% penderita Acne Vulgaris adalah perempuan usia 14-17 tahun dan laki-laki 16- 19 tahun. Berwudhu dapat membersihkan muka, tangan, sebagian kepala dan kaki yang dapat menyebabkan penurunan jumlah bakteri, kotoran, minyak, dan sisa-sisa kulit mati sehingga sumbatan pada pori akan menurun, yang mengakibatkan pembentukan radang dan komedo akan berkurang sehingga berpengaruh pada derajat keparahan acne vulgaris. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang angkatan 2018 dan 2019 dengan usia dibawah 21 tahun. Penelitian dilaksanakan dari bulan November-Desember 2019, dengan jumlah sampel sebanyak 138 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu aktivitas berwudhu dan variabel terikat derajat keparahan acne vulgaris. Data didapatkan dengan cara pemeriksaan fisik dan kuisioner. Analisis data menggunakan komputerisasi dengan Uji Spearman. Hasil yang didapatkan tidak terdapat hubungan antara frekuensi berwudhu, cara berwudhu dan sumber air dengan derajat keparahan acne vulgaris dengah hasil secara berurutan (p=0.863) (0.296) dan (0.869) dan terdapat hubungan antara kejernihan air dengan derajat keparahan acne vulgaris dengan hasil (p=0.000). Kata Kunci: Acne Vulgaris, Aktivitas Berwudhu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. dr. H. Raden Pamudji, Sp.KK. 2. Trisnawati, S.Si, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: Acne Vulgaris, Aktivitas Berwudhu
Subjects: Pendidikan Kedokteran > penyakit kulit, rambut, kuku
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 03 Sep 2020 05:33
Last Modified: 03 Sep 2020 05:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10814

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.