HUBUNGAN PEDIKULOSIS DENGAN PERSONAL HYGIENE PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN KHAZANAH KEBAJIKAN PALEMBANG

M REZA ALFATH, NIM. 702016087 (2020) HUBUNGAN PEDIKULOSIS DENGAN PERSONAL HYGIENE PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN KHAZANAH KEBAJIKAN PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702016087_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702016087_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)

Abstract

Pedikulosis kapitis adalah infeksi kulit kepala dan rambut yang disebabkan oleh Pediculus humanus var. Kapitis. Personal hygiene yang buruk merupakan faktor risiko terjadinya pedikulosis disebabkan tidak adanya sistem imun tubuh yang dapat melawan infestasi pedikulosis di rambut dan kulit kepala, sehingga untuk mencegah atau mengobati penyakit ini diperlukan tindakan dari luar. Personal hygiene adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis .Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara personal hygiene dengan kejadian pedikulosis kapitis pada santri Pondok Pesantren Khazanah Kebajikan Palembang. Jenis penelitian observasional analitik dengan metode cross sectional. Populasi semua santri yang menderita Pedikulosis di Pondok Pesantren Khazanah Kebajikan Palembang. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling dan didapatkan jumlah 56 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Status pedikulosis diperoleh dari pemeriksaan langsung menggunakan kaca pembesar sedangkan data personal hygiene diperoleh dari kuisioner. Data dianalisis secara bivariat. Hasil analisis data menggunakan Fisher test. Hasil analisis penelitian diperoleh kejadian pedikulosis kapitis sebesar 48 santri (85,7%). Hasil uji statistik didapatkan hubungan antara personal hygiene dengan kejadian pedikulosis kapitis pada santri di Pondok Pesantren Khazanah Kebajikan Palembang dengan nilai p value 0,004 (< 0,05). Kesimpulan penelitian yaitu ada hubungan antara pedikulosis kapitis dengan personal hygiene pada santri di Pondok Pesantren Khazanah Kebajikan Palembang. Kata kunci: Pedikulosis, Personal Hygiene, Santri, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. Thia Prameswarie, M.Biomed 2. Indri Ramayanti, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Pedikulosis, Personal Hygiene, Santri, Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Parasit
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 03 Sep 2020 05:32
Last Modified: 03 Sep 2020 05:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10813

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.