ANALISIS PERHITUNGAN SUHU PERALATAN PENGHANTAR PRABUMULIH 1 DENGAN METODE THERMOVISI UNTUK MENENTUKAN TITIK HOT SPOT DI GARDU INDUK 150 KV GUNUNG MEGANG

MUHAMMAD AGUS SALIM, NIM. 132016104 (2020) ANALISIS PERHITUNGAN SUHU PERALATAN PENGHANTAR PRABUMULIH 1 DENGAN METODE THERMOVISI UNTUK MENENTUKAN TITIK HOT SPOT DI GARDU INDUK 150 KV GUNUNG MEGANG. Skripsi thesis, Uiversitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016104_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
132016_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)

Abstract

ABSTRAK Keandalan tenaga listrik merupakan kondisi dimana sistem tenaga listrik dijaga keandalan dan kontinuitas penyaluran tenaga listrik kepada pelanggan terutama pelanggan yang memakai daya besar sangat membutuhkan kontinuitas penyaluran tenaga listrik secara mutlak. Adapun gangguan yang pernah terjadi yaitu kenaikan suhu panas yang tinggi pada sambungan (klem) terminal antar konduktor di peralatan gardu induk (GI). Apabila suhu tinggi tersebut dibiarkan saja tanpa ada tindakan untuk perbaikan, yang di khawatirkan konduktor akan putus yang disebabkan suhu tinggi tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana titik hot spot pada peralatan di bay penghantar prabumulih 1 dapat dimonitor untuk mencegah terjadinya gangguan akibat suhu yang panas saat beban tinggi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perhitungan suhu dan menentukan hot spot peralatan PHT Prabumulih 1 GI 150 kV Gunung Megang. Penelitian ini menggunakan metode thermovisi untuk mendapatkan data dan selanjutnya data diolah dengan perhitungan perbandingan suhu klem dan suhu konduktor, perhitungan emisivitas, dan metode validasi ( uji akurasi dan uji presisi). Hasil perhitungan menunjukan selisih suhu dari klem terhadap suhu konduktor dengan sampel 33 dengan kondisi baik. Perhitungan selisih suhu klem terhadap suhu konduktor rata – rata yang dihitung < 1˚C yang membuktikan tidak termasuk dalam kategori kondisi I, kondisi II, kondisi III, bahkan kondisi IV. Hasil perhitungan nilai emisivitas menunjukan rata-rata nilai sebesar 0,5118. Hasil yang masih berada dalam range standard RSM. Hasil perhitungan uji akurasi pada data thermovisi di bay penghantar Prabumulih 1 menunjukkan tingkat akurasi sebesar 97,64%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DOSEN PEMBIMBING 1. Wiwin A. Oktaviani, S.T.,M.SC. 2. Taufik Barlian, S.T.,M.Eng.
Uncontrolled Keywords: Thermovisi, Emisivitas, uji akurasi dan uji presisi, hot spot.
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 03 Sep 2020 06:16
Last Modified: 03 Sep 2020 06:16
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10812

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.