KERAKTERISTIK SISTEM PLTS TERHUBUNG SERI DENGAN BEBAN MOTOR DC KAPASITAS 500 WATT, TEGANGAN 36 V0LT, ARUS 18,3 AMPERE

WAHYU FADILLA PRATAMA, NIM. 132015090 (2020) KERAKTERISTIK SISTEM PLTS TERHUBUNG SERI DENGAN BEBAN MOTOR DC KAPASITAS 500 WATT, TEGANGAN 36 V0LT, ARUS 18,3 AMPERE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132015090_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text
132015090_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batu bara dan lainnya sebagai bahan bakar pembangkit konvensional mengakibatkan dampak pada lingkungan.Dampak lingkungan yang yang terjadi seperti tercemarnya lingkungan dari efek rumah kaca (greenhouse effect) yang menyebabkan global warming, hujan asam, rusaknya lapisan ozon hingga hilangnya hutan tropis. Dengan kondisi kebutuhan akan energy terbarukan pada masa energi fosil mulai menipis saat ini menjadikan penggunaan energy surya untuk memenuhi kebutuhan manusia akan energi menjadi pilihan yang tepat. Penggunaan energi matahari menjadi pilihan karena sifat sumber energi matahari yang tidak akan habis, serta penggunaan dan pengaplikasiannya yang mudah disbanding sumber energi terbarukan yang lain. Penunjang pemeliharaan PLTS menjadi sangat penting ketika PLTS telah terpasang. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya, sistem penyimpanan energi perlu mendapat perhatian khusus karena menyangkut ketersediaan energi secara terus-menerus khususnya pada saat mendung atau malam ketika tidak ada sinar matahari. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai studi penyimpan energi pada PLTS. Karakteristik ini dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya kondisi cuaca dan lamanya penyinaran pada suatu daerah yang berpengaruh terhadap nilai intensitas cahaya, tegangan (V), arus (I) dan daya yang dapat ditimbulkan. Dari penelitian didapatkan Panel surya yang terpasang dapat menghasilkan daya 1553,82 Watt selama 9 Jam penyinaran matahari selama satu hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Zulkiffli Saleh., M.Eng 2. Yosi Apriani, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Baterai, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Energi
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:28
Last Modified: 07 Sep 2020 02:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10790

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.