PROFIL TEGANGAN DAN ALIRAN DAYA SAAT PERPINDAHAN JARINGAN PENYULANG KIKIM DAN PENYULANG PARKIT PT. PLN ( PERSERO ) AREA PALEMBANG

HARI KUSUMAH, NIM. 132016075 (2020) PROFIL TEGANGAN DAN ALIRAN DAYA SAAT PERPINDAHAN JARINGAN PENYULANG KIKIM DAN PENYULANG PARKIT PT. PLN ( PERSERO ) AREA PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
132016075_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (820kB) | Preview
[img] Text
132016075_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)

Abstract

Keandalan tenaga listrik merupakan kondisi dimana sistem tenaga listrik dijaga kinerja serta kontinuitas penyaluran tenaga listrik kepada pelanggan. Sistem distribusi berguna untuk mentransfer energi listrik ke beban. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terputusnya cadangan daya listrik ke beban, salah satunya adalah jatuh tegangan. Tujuan penulisan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya Drop tegangan dan rugi – rugi daya pada Penyulang setelah Manuver jaringan atau pun setelah pemasangan kapasitor bank apakah Drop tegangan yang terjadi masih dalam batas toleransi atau tidak agar sistem dapat terakomodir dengan baik. Pada penelitian ini, masalah yang di bahas hanya menghitung besarnya Drop tegangan pada Penyulang dan rugi - rugi daya sebelum dan setelah manuver serta kondisi penyulang saat terpasang kapasitor Bank. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa stufi literature ini diperlukan untuka mngetahui landasan teori yang akan digunakan sebagai dasar dan acuan untukl pengolahan data, pengumpulan data, dan menganalisa data – data yang telah dikumpulkan lalu mensimulasikan hasil pengolahan data menggunakan software 12.6. Berdasarkan analisa yang dilakukan, diperoleh kesimpulan terjadi drop tegangan pada penyulang kikim secara berkelanjutan sebesar 5,38% dan 6,97%, penyulang parkit normal sebesar 0,18 % dan 1,43%. Untuk mengatasi drop tegangan penyulang kikim tersebut, maka dilakukan manuver jaringan antara penyulang kikim teganggu dengan penyulang parkit normal serta memasang kapasitor bank 30 Mvar pada penyulang kikim terganggu, agar drop tegangan untuk penyulang kikim dapat kembali normal. Dan untuk rugi – rugi daya aktif saat manuver menurun 673% dan daya reaktif 29,1% secara rugi – rugi daya prosedur manuver sudah cukup baik. Kata kunci : drop tegangan, rugi daya, manuver, kapasitor bank.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Taufik Barlian, S.T., M.Eng 2. Wiwin A. Oktaviani, S.T., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : drop tegangan, rugi daya, manuver, kapasitor bank.
Subjects: Elektro > Transmisi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:48
Last Modified: 02 Sep 2020 03:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10754

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.