Rancang Bangun Alat Monitoring Daya Listrik Pada Smarthome Berbasis Arduino

Andreassan Bayu, NIM. 132016006 (2020) Rancang Bangun Alat Monitoring Daya Listrik Pada Smarthome Berbasis Arduino. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132016006_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sistem pemantauan konsumsi daya listrik yang ada saat ini masih memiliki kekurangan, baik pada sistem listrik pascabayar maupun prabayar. Para pengguna hanya bisa melihat angka dari jumlah pemakaian per bulannya tanpa mengetahui jumlah nominal uang yang terpakai untuk pemakaian listrik dirumah. Maka dari itu dibuatlah rancang alat monitoring daya listrik, untuk mengetahui jumlah pemakaian daya listrik yang digunakan dalam smarthome berbasis arduino. Desain monitoring daya listrik pada penggunaan beban listrik menggunakan sensor arus ACS712, melalui arduino sebagai pemroses arus yang masuk. Metode yang digunakan ada 4 tahapan yaitu : 1). tahapan penentuan hardware dan software, 2). perancangan, 3). Pemrograman, 4). Pengujian alat dan mengahasilkan alat monitoring daya listrik dengan menggunakan Input yang digunakan sensor arus ACS712 sebagai pendeteksi arus yang masuk dari beban, dan arus listrik dapat di deteksi oleh pin analog IO Arduino dan ditampilkan ke LCD (keypad shield) dan smartphone. Pengukuran yang dilakukan menggunakan lampu pijar bohlam dan lampu LED yang masing-masing lampu memiliki watt yang berbeda seperti dua buah lampu pijar bohlam memiliki 40 watt dan 70 watt dan 1 buah lampu LED 5 watt dan satu buah setrika listrik 300 Watt yang di atur pada titik panas maksimal. Tingkat akurasi dari alat monitoring dalam membaca berkisar 0.71% sampai 0.87%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Feby Ardianto, S.T.,M.Cs 2. Bengawan Alfaresi,S.T.,M.T.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Arduino, Sensor Arus, Sensor Tegangan, LCD, Smartphone
Subjects: Elektro > Elektronika
Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:23
Last Modified: 03 Sep 2020 04:23
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10712

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.