ANALISIS KINERJA PANEL SURYA PADA MESIN PENGERING KEMPLANG TIPE RAK

RADESA, NIM.132016130 (2020) ANALISIS KINERJA PANEL SURYA PADA MESIN PENGERING KEMPLANG TIPE RAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016130_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
132016130_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Radiasi matahari (solar radiation) memegang peranan penting dalam banyak proses lingkungan hidup. Semua sumber yang dipergunakan oleh manusia memperoleh energi yang berasal dari matahari, dan tumbuh-tumbuhan bergantung pada energi matahari untuk fotosintesa serta pertumbuhannya. Walaupun energi matahari pada dewasa ini tidak dipakai untuk kegunaan industri, namun tercurah perhatian yang cukup mengenai penggunaan enargi matahari. Karena energi ini merupakan energi elektromagnetik yang sangat atraktif dan tidak bersifat polutif, Proses awal yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan memodifikasi Box pengering kemplang tipe rak dengan ukuran 50 x 50. Bahan yang digunakan dalam pembuatan box tersebut yaitu dengan mengunakan triflek yang didalam nya di lapisi dengan seng alumunium tujuan dari dilapisinya triflek tertsebut agar cahaya yang dihasilkan bisa merata di dalam box tersebut. Kemudian menyiapkan alat-alat tambahan seperti panel surya, controller, inverter, baterai, kabel dan lampu. Lalu membuat instalasi dari alat-alat tersebut. Dari data yang didapatkan diketahui bahwa, arus listrik yang dihasilkan paling baik yaitu pada saat keadaan cerah tanpa dihalangi oleh awan. Dari perhitungan diatas didapat lama pengisian baterai selama 8 jam sedangkan dilihat dari data pada hari ke 3 dan 4 lam pengisian baterai selama 4 jam sedangkan di hari pertama lama pengisian baterai selama 5 jam, ini disebabkan pada hri pertama uaa yang di dapat tidak menentu sesaat cerah sesaat mendung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Erliza Yuniarti, S.T, M.Eng 2. Wiwin A. oktaviani, S.T., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : solar cell, baterai, inverter
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:51
Last Modified: 01 Sep 2020 03:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10606

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.