Aplikasi metode semi average pada peramalan jangka pendek di penyulang singkarak gardu induk borang

DIAN TARA, NIM. 132016047 (2020) Aplikasi metode semi average pada peramalan jangka pendek di penyulang singkarak gardu induk borang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
132016047_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132016047_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)

Abstract

Peramalan trend rata-rata merupakan salah satu tujuan untuk mengetahui besaran beban rata-rata daya yang terpakai pada peramalan,ada beberapa cara untuk memprediksi atau meramalkan beban listrik sehingga sangat diperlukan pemilihan metode peramalan beban listrik karena dibutuhkan keakuratan data yang tepat sehingga dapat menekan biaya dalam memproduksi energi listrik, oleh karena itu metode semi average ini sangat perlu digunakan dalam melakukan metode peramalan. Tujuan dari penelitian ini dengan menggunakan metode semi average ini untuk mengetahui rata-rata daya yang terpakai serta mengetahui data yang error nya pada penyulang singkarak gardu induk borang. Berdasarkan dari perhitungan yang telah dilakukan pada penyulang singkarak digardu induk borang dengan menggunakan metode semi average untuk mengetahui rata-rata pada data tahunan dapat di bagi menjadi dua kelompok, untuk mencari nilai persmaan prediksi dan akurasi nilai erronya. Dari data yang didapat pada akurasi nya sudah baik dengan 10% data yang errornya, jadi untuk melakukan peramalan ini sudah baik untuk dilakukan dalam metode peramalan. Kata kunci : Trend Moment, semi average, Peramalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Erliza Yuniarti, S.T., M.Eng 2. Rika Noverianty, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Trend Moment, semi average, Peramalan.
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Elektro > Transmisi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 31 Aug 2020 06:18
Last Modified: 31 Aug 2020 06:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10540

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.