ANALISIS UNJUK KERJA KONTROL PENGISIAN BATERE PADA SISTEM PLTS 2000 WATT PADA INSOLASI BERBEDA

ALI ANWAR, NIM. 132016101 (2020) ANALISIS UNJUK KERJA KONTROL PENGISIAN BATERE PADA SISTEM PLTS 2000 WATT PADA INSOLASI BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016101_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132016101_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Energi surya merupakan energi ramah lingkungan, dan mudah didapatkan sehingga tidak mengherankan bahwa energi terbarukan saat ini dikriteriakan sebagai energi masa depan. Intensitas radiasi matahari merupakan jumlah energi yang diterima oleh suatu permukaan per satuan luas dan per satuan waktu. Pengaruh adanya awan di atmosfer dapat menyebabkan penerimaan radiasi matahari di permukaan bumi bervariasi, dari 40% di daerah basah dengan banyak awan sampai 80% di daerah gurun yang kering. Solar Charge Controller PWM adalah peralatan elektronik yang digunakan untuk mengatur arus searah keluaran panel surya untuk diisikan ke batere dan menyalurkan daya dari batere ke beban. Solar Charger Controller mengatur kelebihan pengisihan batere ketika penuh. Solar Charger Controller menerapkan teknologi PWM untuk memanipulasi lebar sinyal yang dinyatakan dengan pulsa dalam satu periode yang digunakan pada Proses switching pada converter untuk menghasilkan keluaran tegangan yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis unjuk kerja pengisian batere pada sistem PLTS 2000 Watt pada insolasi berbeda. Penelitian ini memiliki 4 tahapan penelitian yaitu : 1). Study literatur. 2). dilakukan pengujian alat. 3). Pengukuran pengambilan data. 4). Analisis data. Dari penelitian ini didapatkan hasil dari pungujian alat dan pengukuran pengambilan data unjuk kontrol pengisian batere pada sistem PLTS 2000 Watt pada insolasi berbeda. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan daya optimum yang dibangkitkan sebesar 420,448 Watt dan daya minimum sebesar 0 Watt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Zulkiffli Saleh, M.Eng 2. Yosi Apriani, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PLTS, Intensitas cahaya, Solar Charge Controller.
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:51
Last Modified: 31 Aug 2020 04:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10479

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.