SETTING WAKTU RELAY OCR (OVER CURRENT RELAY) DI PENYULANG KENARI 20 KV GARDU INDUK SEDUDUK PUTIH PALEMBANG

KUKUH RAHMADI PUTRA, NIM.132016131 (2020) SETTING WAKTU RELAY OCR (OVER CURRENT RELAY) DI PENYULANG KENARI 20 KV GARDU INDUK SEDUDUK PUTIH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016131_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (872kB) | Preview
[img] Text
132016131_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sistem proteksi berfungsi untuk mengamankan peralatan listrik terhadap kemungkinan kerusakan akibat gangguan, melokalisir daerah-daerah sistem yang terganggu sekecil mungkin dan berusaha secepat mungkin untuk mengatasi daerah yang terganggu tersebut, sehingga stabilitas sistem dapat terjaga dan menghindarkan manusia terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh listrik, Relay sebagai salah satu bagian penting dalam sistem pengamanan jaringan transmisi harus mempunyai kemampuan mendeteksi adanya gangguan, pada semua keadaan yang kemudian memisahkan bagian sistem yang terganggu tersebut. Penelitian dengan judul “setting waktu relay OCR (over current relay) di penyulang kenari 20 kv gardu induk seduduk putih Palembang” memiliki rumusan masalah bagaimana perhitungan nilai setting relay di penyulang kenari Gardu induk seduduk putih Palembang. Adapun tujuan dari analisa setting waktu relay OCR (over current relay) di penyulang kenari 20 kv gardu induk seduduk putih Palembang yaitu menghitung nilai setting waktu kerja relay ocr di penyulang kenari dan mensimulasikannya menggunakan software ETAP dan mensimulasikan gangguan hubung singkat di penyulang Kenari Gardu Induk 70 kV Seduduk Putih Palembang menggunakan software ETAP. Metode penelitian yang dilakukan dalam penyelesaian penyusunan penelitian ini berupa Studi literatur untuk mempelajari landasan teori yang akan digunakan sebagai dasar dan acuan untuk mengelolah data yang ada, serta untuk mengumpulkan data yang diperlukan, mengolah data dan melakukan analisis. Pengolahan data dilakukan dengan melakukan perhitungan dan simulasi mengunakan software etap 12.6, Berdasarkan data hasil perhitungan waktu kerja relay ocr di sisi incoming 0,99 detik dan waktu kerja relay di sisi outgoing 0,124 detik sedangkan hasil simulasi dengan menggunakan software ETAP 12.6 menunjukan terdapat selisih waktu kerja ocr sebesar 0,1 dan 0,01 berturut-turut untuk sisi incoming dan sisi outgoing, besarnya arus gangguan yang didapat dari simulasi didapat arus gangguan 3 fasa terbesar 4684 Ampere, arus gangguan 2 fasa terbesar 4061Ampere, dan arus ganggguan 1 fasa terbesar 3031 Ampere . dari hasil simulasi menggunakan ETAP 12.6 menunjukan bahwa nilai nilai perhitungan waktu kerja relay menunjukan koordinasi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1.Wiwin A.Oktaviani,S.T.,M.Sc 2.Muhammad Hurairah,S.T.,M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hubung Singkat, relay arus lebih, ETAP Power Station 12.6.0
Subjects: Elektro > Transmisi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 29 Aug 2020 05:08
Last Modified: 29 Aug 2020 05:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10359

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.