MONITORING GAS DETECTOR MENGGUNAKAN NODE MCU VIA SMARTPHONE

DAUD DEPRIANSYAH, NIM. 132016133 (2020) MONITORING GAS DETECTOR MENGGUNAKAN NODE MCU VIA SMARTPHONE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016133_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132016133_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebocoran gas LPG menjadi salah satu penyebab kebakaran. Sistem Pendeteksi dan Monitoring kebocoran gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) merupakan sebuah langkah antisipasi untuk keamanan dari kebocoran gas tersebut. Pada rancangan bangun ini digunakan satu buah sensor gas seri MQ-2, satu buah modul Node MCU, satu buah LCD (Liquid Crystal Display) dan Buzzer untuk indikator lokal serta satu kupas exhaust. Detektor gas bekerja mendeteksi gas yang timbul diruangan tertentu lalu mengirimkan sinyal kebocoran gas ke NodeMCU sebagai kontrol unit, data yang didapatkan kemudian di unggah sehingga notifikasi kebocoran dapat diakses dari manapun melalui aplikasi blynk yang ada di smartpone, serta ditampilkan pada display LCD dan buzzer aktif. Dari hasil pengujian di dapat bahwa percobaan kelima berjarak 10 cm yang memiliki kadar gas yang paling tinggi yaitu 396 ppm, dan lama pembuangan kadar gas oleh kipas penghisab sampai kadar gas disekitar tabung gas kembali normal memerlukan waktu selama 50 detik, dan pada percobaan pertama yang memiliki kadar gas yang rendah yaitu 205 ppm yang berjarak 50 cm, dan lama pembuangan kadar gas oleh kipas penghisab sampai kadar gas disekitar kembali normal memerlukan waktu selama 20 detik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Ir Eliza, M.T 2. Muhammad Hurairah, S.T.,M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: detektor gas, sensor MQ-2, node MCU, buzzer, lcd, smartphone
Subjects: Elektro > Elektronika
Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 29 Aug 2020 05:06
Last Modified: 29 Aug 2020 05:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10351

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.